Waspadai Penularan Hepatitis A dari Hubungan Seks

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi suami istri. Shutterstock

Ilustrasi suami istri. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hepatitis A dapat disebabkan karena hal yang dianggap remeh, seperti malas mencuci tangan. Virus Hepatitis A terkandung dalam feses atau tinja. Sebab itu, setiap orang yang baru selesai menggunakan fasilitas toilet umum harus mencuci tangan mereka dengan air mengalir sebelum kembali beraktivitas.

Baca juga: Jumlah Penderita 577 Orang, Pacitan Tetapkan KLB Hepatitis A

Tidak hanya itu, kontak fisik dengan peralatan yang rentan terkena tinja seperti handuk juga perlu diwaspadai. Meski demikian, bukan berarti Hepatitis A tidak bisa disembuhkan. 

Akhir April lalu, seorang pekerja restoran terkenal Arby’s di Pinellas County, Florida, Amerika Serikat positif terinfeksi Hepatitis A. Departemen Kesehatan Florida memprediksi infeksi ini terjadi antara tanggal 5-20 April 2019. Seketika, Departemen Kesehatan mengeluarkan imbauan bagi pelanggan Arby’s yang mengunjungi restoran pada rentang tanggal tersebut agar segera mendapatkan vaksin Hepatitis A. Tidak disangka, ternyata dampaknya bisa sebesar itu!

Sebelumnya, seorang pegawai di restoran Taco Bell, Florida juga mengalami hal yang sama. Berdasarkan investigasi, ternyata keran air panas di kamar mandi tidak berfungsi. Tak hanya itu, tempat sabunnya pun sudah rusak. Hanya karena hal seperti itu, seluruh pengunjung Taco Bell di rentang waktu satu bulan infeksi terjadi harus memeriksakan diri dan mendapatkan vaksin Hepatitis A.

Seperti jenis Hepatitis B dan hepatitis C, penyebab Hepatitis A adalah virus yang menyebabkan peradangan hati. Virus ini sangat mudah menular. Media penularannya adalah faecal-oral yaitu lewat makanan dan air yang sebelumnya terkontaminasi feses penderita. Tak hanya itu, perilaku seks oral dan anal dengan orang yang belum benar-benar pulih dari Hepatitis A juga berisiko. Untuk itu, penting memastikan partner seksual benar-benar sembuh dari Hepatitis A. Biasanya, masa inkubasi virus Hepatitis A di tubuh seseorang sekitar 14 hingga 28 hari.

Selain itu, banyak pasien Hepatitis A yang datang dari tempat tinggal dengan kebersihan dan sanitasi kurang baik. Menurut data World Health Organization (WHO), 90 persen anak-anak di bawah usia 10 tahun dari negara berkembang bersanitasi buruk pernah terinfeksi virus Hepatitis A. Lalu, apa saja penyebab Hepatitis A?
- Sanitasi buruk
- Tidak ada air bersih/air mengalir
- Tinggal bersama dan terkontaminasi feses penderita Hepatitis A
- Kontak seksual dengan penderita Hepatitis A
- Mengunjungi negara endemik Hepatitis A karena belum mendapatkan vaksinasi
- Makanan/minuman yang diolah penderita Hepatitis A yang tidak mencuci tangan setelah ke toilet
- Penggunaan obat-obatan terlarang
- Konsumsi daging dan ikan mentah yang tidak bersih

Biasanya, gejala Hepatitis A tidak akan terasa sampai virus telah menginfeksi selama beberapa hari. Gejala yang biasa dirasakan adalah:
- Mual dan muntah
- Pusing
- Rasa sakit di liver (kanan atas di bawah tulang rusuk)
- Air seni berwarna keruh
- Hilang nafsu makan
- Nyeri sendi
- Kulit dan mata terlihat kuning
- Rasa gatal yang intens

Menarik kesimpulan dari betapa dekatnya penyebab Hepatitis A dengan kehidupan kita, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan diri. Cucilah tangan dengan air mengalir terutama setelah dari toilet atau mengganti diaper anak. Pastikan partner seks Anda bersih dari virus Hepatitis A. Tak lupa, bekali diri dengan vaksinasi Hepatitis A untuk menghindari terinfeksi virus ini.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."