Jenis Makanan yang Bikin Rambut Sehat dan Kuat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi model rambut ombre. Instagram Ramirez Tran Salon

Ilustrasi model rambut ombre. Instagram Ramirez Tran Salon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang bisa mengalami rambut rontok, menipis bahkan kebotakan. Cara umum yang dilakukan banyak orang adalah dengan keramas dan membilasnya dengan sampo dan kondisioner terbaik atau termahal.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dan Kulit dengan Susu Fermentasi

Namun ternyata itu bukan jawaban yang paling tepat untuk rambut Anda. “Fondasi kesehatan rambut, kulit, dan kuku kita adalah nutrisi yang kita konsumsi setiap hari,” jelas Dawn Jackson Blatner, ahli nutrisi dari Chicago.

Menurut Blatner, rambut manusia tumbuh 1/4-1/2 inci setiap bulannya. “Jika Anda makan-makanan yang sehat, Anda akan mendapatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat dari seluruh sel dalam dan luar tubuh Anda,” tambah Blatner.  

Rambut tipis Anda mungkin tidak lantas tebal dan menawan hati, namun rambut tipis Anda akan sehat, berkilau, dan tidak mudah rontok. Menurut Blatner, suplemen kecantikan tidak akan banyak menolong jika kita tidak sadar akan nutrisi. “Faktor yang berperan penting tetap asupan makanan,” ujar Blatner. 

Artikel lainnya: Gaya Rambut Sansa Stark di Episode Terakhir Game of Thrones

Berbicara tentang sumber makanan untuk kesehatan dan kecantikan, rasanya masih sulit menandingi khasiat ikan salmon. Selain kaya akan asam lemak omega-3, salmon kaya akan vitamin B-12 dan zat besi. “Lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk membantu kesehatan kulit kepala,” kata Andrea Giancoli, ahli diet dari Los Angeles. “Kekurangan zat tersebut akan membuat kulit kepala kering, lalu merambat ke rambut, dan akan membuatnya tampak kusam."

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."