4 Tradisi Lebaran Khas Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak cium tangan saat lebaran. shutterstock.com

Ilustrasi anak cium tangan saat lebaran. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa Ramadan,  saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran datang kita akan sangat berbahagia menyambutnya. Lebaran memang menjadi momen yang ditunggu karena bisa berkumpul dan bersilahturahmi dengan keluarga besar.

Tak hanya itu, saat Lebaran juga menjadi waktu yang tepat buat saling bermaafan setelah setahun banyak berbuat kesalahan kepada orang lain. Oleh karena itu, banyak orang yang tak ingin menyia-nyiakan momen Lebaran karena sangat berarti dan berharga. Namun, ada empat kebiasaan orang Indonesia saat Lebaran.

#Memakai baju baru
Bukan hanya membersihkan hati hingga menjadi pribadi yang baru, saat Lebaran biasanya banyak orang yang juga memakai pakaian baru. Membeli pakaian baru sebelum Lebaran sepertinya telah menjadi budaya bagi orang Indonesia. Kemudian, mereka pun memakainya saat melakukan silahturahmi ke rumah saudara dan juga tetangga.

Artikel lain:
4 Hal yang Tak Terpisahkan dari Lebaran, Siapkan Dana yang Cukup
Tips Memilih Baju Lebaran, Coba Bahan Organik yang Nyaman

#Berkeliling silahturahmi ke rumah saudara dan tetangga
Salah satu momen yang sangat ditunggu saat Lebaran yaitu berkeliling untuk silahturahmi ke rumah saudara dan juga tetangga. Kita pun akan saling bermaafan dan juga sekedar mengobrol untuk melepas kangen. Acara sungkeman biasanya juga akan dilaksanakan saat berkunjung ke rumah saudara dan bertemu dengan keluarga besar.

#Mencicipi kue dan masakan dari tuan rumah
Saat datang ke rumah saudara dan tetangga, biasanya kita akan disuguhi beraneka ragam kue hingga makanan khas Lebaran yang sudah disediakan oleh tuan rumah, mulai dari kue kering yang menggoda hingga ketupat dan opor ayam. Jadi, tak perlu kaget jika habis Lebaran tiba-tiba timbangan naik.

#Memberi dan diberi salam temple
Bagi anak-anak dan juga para remaja tentunya saat Lebaran juga memiliki hal khusus yang ditunggu, yaitu mendapat salam tempel atau angpao. Orang dewasa biasanya telah menyiapkan sejumlah uang baru yang dimasukan ke dalam amplop untuk dibagi-bagikan kepada anak-anak dan remaja yang juga keluarga dekat yang datang berkunjung.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."