4 Hal yang Tak Terpisahkan dari Lebaran, Siapkan Dana yang Cukup

Ilustrasi mudik Lebaran. Dok. TEMPO/ Ayu Ambong

ragam

4 Hal yang Tak Terpisahkan dari Lebaran, Siapkan Dana yang Cukup

Jumat, 31 Mei 2019 20:19 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak terasa Ramadan sudah memasuki minggu terakhir dan hari kemenangan Lebaran atau Idul Fitri semakin dekat. Tapi, sudahkah Anda mengatur beberapa jenis pengeluaran Lebaran?

Ada beberapa macam pengeluaran yang mungkin sudah Anda buat daftarnya. Dan hal-hal berikut termasuk di dalamnya.

#ZakatHukum zakat bagi para umat Muslim yang mampu adalah wajib. Sedangkan bagi para umat Muslim yang tidak mampu, maka tidak diwajibkan untuk memberikan zakat dan justru akan menerima zakat dari orang lain. Waktu yang tepat untuk membayar zakat adalah sebelum salat Idul Fitri. 

Zakat ini terdiri dari beberapa jenis, ada zakat fitrah, zakat maal, zakat profesi, dan lainnya. Jumlah yang dikeluarkan untuk masing-masing zakat itu pun tidak banyak, akan tetapi tetap harus menyisihkan uang atau rezeki untuk memenuhi kewajiban ini.

Baca juga:3 Tips Mudik Lebaran Berjalan Lancar Tanpa KendalaTips Merencanakan Libur Lebaran dengan Anak-anak

#Makanan dan minuman Kata siapa makanan dan minuman tidak harus dipikirkan saat Lebaran? Pasalnya, kebiasaan orang-orang saat merayakan Lebaran adalah dengan membeli berbagai jenis makanan serta minuman dalam rangka menyambut kedatangan sanak saudara, tetangga, teman, atau tamu-tamu lain. Karena dianggap hanya membeli makanan-makanan kecil inilah pengeluaran terhadap makanan dan minuman sering dilupakan oleh banyak orang. 

#Baju baru Salah satu tradisi atau kebiasaan yang sudah tidak asing bagi mereka yang merayakan Lebaran adalah membeli baju baru. Padahal, sebenarnya tidak ada kewajiban bagi siapapun untuk membeli baju baru untuk Idul Fitri.

#Mudik Buat para perantau atau yang memiliki kampung halaman, maka biaya untuk mudik menjadi salah satu biaya wajib yang harus dipersiapkan karena ongkos yang dibutuhkan untuk mudik semakin mahal setiap tahunnya. Apalagi buat yang memilih pulang kampung di waktu-waktu menjelang Idul Fitri, maka harus berhadapan dengan harga tiket yang mahal.

TEEN