Sebab Anak Sekarang Lebih Cepat Alami Pubertas

ragam

Sebab Anak Sekarang Lebih Cepat Alami Pubertas

Rabu, 29 Mei 2019 22:24 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Konon anak-anak zaman sekarang mengalami pubertas lebih awal ketimbang generasi sebelumnya. Apa sebabnya?

Jennifer Dietrich, ginekolog pediatrik di Rumah Sakit Anak Texas, mengatakan usia rata-rata anak mengalami pubertas bervariasi. Pada anak perempuan, umumnya pubertas yang ditandai dengan menstruasi mulai terjadi ketika anak berusia 12,3 tahun. Namun sekitar 15 persen anak wanita mengalami pubertas jauh lebih cepat, yakni mulai dari usia tujuh tahun.

Baca juga:Pendidikan Seks Sejak Dini untuk Anak, Cegah Kekerasan SeksualTips Berikan Pemahaman kepada Anak Tentang Hasil Pemilu

Bagaimana dengan anak laki-laki? Berdasarkan penelitian yang dilakukan Akademi Pediatri Amerika, anak laki-laki zaman sekarang juga mengalami masa pubertas lebih cepat, yakni pada usia 10 tahun atau enam bulan hingga satu tahun lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Belum ada penelitian yang mengidentifikasi penyebab pasti pergeseran usia awal pubertas ini. Namun Louise Greenspan, dokter anak ahli endokrin di San Francisco, Amerika Serikat, mengatakan “Obesitas pada anak, pengaruh bahan kimia pada lingkungan, dan efek stres kronis, misalnya akibat mengalami pengabaian dari keluarga, memainkan peran dalam mempercepat proses pubertas pada anak,” terangnya.

AURA