Tips Masak Lebaran: 3 Bahan untuk Membuat Daging Cepat Empuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi daging merah. Pixabay.com

Ilustrasi daging merah. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebaran tak lengkap rasanya tanpa hidangan khas yang biasanya disajikan saat hari raya. Terutama hidangan berbahan dasar daging, misalnya rendang, semur, gulai dan lainnya.

Baca juga: Suka Makan Daging Merah, Ketahui Pengaruhnya untuk Tubuh

Beberapa bagian daging sapi seperti bagian abdomen (perut) dan daging belakang cukup keras. Padahal daging pada bagian ini tergolong lezat. Tidak hanya daging sapi, daging ayam yang tergolong lunak pun terkadang memiliki bagian yang keras.

Alhasil, tekstur yang keras ini akan memengaruhi kualitas makanan Anda. Melansir laman Kitchn, supaya cepat empuk, lumuri daging dengan 3 bahan berikut ini. 

Ilustrasi menaburkan garam. shutterstock.com

#1. Garam
Garam tidak hanya berfungsi sebagai bumbu makanan. Lumuri garam satu jam sebelum daging dimasak. Setelahnya, bilas dengan air dingin, tepuk hingga kering dan daging siap dimasak. Garam cocok digunakan untuk jenis daging yang tebal.

#2. Saus yang asam
Selain garam, lunakkan daging yang keras dengan saus yang mengandung asam. Cuka, citrus juice, yoghurt, bahkan soda juga bisa digunakan karena akan memecah serat pada permukaan daging. Gunakan saus ini pada daging yang ditopong tipis (seperti irisan daging ayam). Cukup lumuri selama 2 jam agar daging tidak terlampau lunak.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Pengaruhi Kualitas dan Pengolahan

#3. Kiwi
Kandungan enzim dalam kiwi mampu membuat daging jadi lunak terutama pada daging dengan irisan yang tipis.  Alternatif lain seperti pepaya, nanas dan pir bisa digunakan. 

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."