5 Makanan Mengenyangkan buat yang Bosan Makan Nasi saat Sahur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi makan sahur. TEMPO/Aditia Noviansyah

Ilustrasi makan sahur. TEMPO/Aditia Noviansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah menjalankan puasa beberapa hari, biasanya rasa malas untuk sahur sering muncul. Tak hanya malas untuk bangun sahur, biasanya kita juga merasa bosan makan nasi.

Namun, perlu diingat jika sahur tanpa nasi akan membuat tak bertenaga dan lemas. Jadi, saat bosan makan nasi, lebih baik diakali dengan mencari makanan pengganti yang bisa memberikan banyak energi dan tentu saja mengenyangkan. Berikut di antaranya.

#Roti gandum
Sudah bosan makan nasi saat sahur, maka sekarang sudah waktunya mencoba roti gandum. Roti ini sangat mengenyangkan dan biasanya dikonsumsi oleh banyak orang yang sedang diet. Roti gandum juga kaya serat dan karbohidrat sehingga akan membuat kita tetap bertenaga saat puasa. Roti gandum bisa dimakan dengan cara membuat roti isi dengan isian sayuran dan juga daging, tak hanya nikmat juga bikin kenyang.

Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

#Kentang
Kentang juga bisa menjadi pengganti nasi saat sahur. Karbohidrat dari kentang dijamin akan membuat kenyang lebih lama seperti nasi. Jadi, tenaga pun tetap banyak meskipun saat sahur tidak makan nasi. Kita bisa buat bermacam-macam variasi menu menggunakan kentang. Misalnya saja kita bisa membuat kentang rebus yang dikombinasikan dengan daging teriyaki atau kentang rebus dengan omelet.

#Telur
Tak hanya kaya protein, telur juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama. Jadi, jika kita bosan makan nasi saat sahur bisa mencoba mengonsumsi telur. Jika tak mau hanya sekedar makan telur rebus, coba berkreasi membuat makanan olahan telur seperti omelet keju daging dan sayuran ataupun olahan telur lain.

Oatmeal. jollymom.com

#Oatmeal
Oatmeal sangat cocok buat yang bosan makan nasi dan juga Tak mau ribet saat sahur. Membuat oatmeal sangat mudah dan tentunya makanan yang satu ini juga akan membuat kenyang. Oatmeal sudah dikenal kaya serat dan makanan yang satu ini juga akan membuat tetap bertenaga. Kita bisa memakan oatmeal dengan buah-buahan,yogurt, atau bahan topping lain sehingga rasanya lebih enak.

#Pasta
pasta juga mengenyangkan seperti nasi. Coba buat olahan pasta yang tentunya banyak varian dan pasti rasanya juga sangat lezat. Saat membuat olahan pasta, kita juga bisa menambahkan daging, udang, dan sayuran agar makanan sahur tetap bergizi tinggi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."