8 Buah Sahabat Penderita Diabetes

Jeruk bali. ANTARA/Dedhez Anggara

kesehatan

8 Buah Sahabat Penderita Diabetes

Kamis, 23 Mei 2019 12:44 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan teliti menjaga kadar gula tetap stabil, termasuk dari buah-buahan. Penderita diabetes dapat mengonsumsi buah dengan indeks glikemik yang rendah dan sedang.

Buah-buahan yang berbasis air diyakini cukup bermanfaat bagi penderita diabetes. Berikut adalah buah-buahan sehat yang jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan di bawah pengawasan dokter dapat mengendalikan kadar gula darah, dilansir dari Boldsky.

Artikel lain:Tips Buat Penderita Diabetes Tipe 2 Tetap Sehat saat PuasaAlasan Penderita Diabetes Tak Perlu Pantang Nasi selama Ramadan

#Jeruk Bali Sebanyak 91 persen kandungannya terdiri dari air. Buah ini kaya vitamin C, memiliki indeks glikemik sebesar 25, dan jumlah serat larut yang tinggi. Jeruk Bali juga termasuk naringenin yang merupakan flavonoid dan dapat meningkatkan sensitivitas tubuh dari insulin.

#Stroberi Stroberi sarat vitamin, antioksidan, dan serat yang membantu mengendalikan diabetes. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perut tetap kenyang, membuat berenergi, dan membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Ilustrasi apel. Bisnis.com

#Apel Kaya akan vitamin C, serat larut dan antioksidan apel dapat membantu mengendalikan diabetes. Apel juga mengandung pektin yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar 35 persen serta memiliki indeks glikemik rendah 38.

#Pir Memiliki 84 persen kadar air, pir berlimpah dengan serat dan vitamin yang membantu menjaga kadar gula darah di bawah kendali. Pir sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan tingkat glikemik rendah pada 38.

Ilustrasi alpukat. shutterstock.com

#Alpukat Lemak sehat dan kalium dalam alpukat bermanfaat bagi penderita diabetes. Alpukat juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Buah ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yaitu 15.

#Jeruk Jeruk kaya serat, rendah gula, tinggi vitamin C, dan tiamin. Konsumsi jeruk akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Jeruk memiliki 87 persen kadar air dan indeks glikemik yang sangat rendah. Jeruk juga membantu mengendalikan berat badan.

buah plum (pixabay.com)

#Plum Selain rendah kalori, plum juga rendah indeks glikemik. Plum adalah sumber serat yang membuatnya menjadi buah ideal untuk penderita diabetes dan jantung. Karena banyak pasien diabetes menderita sembelit, buah itu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Plum memiliki indeks glikemik 24 dan sangat rendah.

#Nanas Kaya sifat antivirus dan anti-inflamasi sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan indeks glikemik 56, nanas aman dikonsumsi.