Pilih 9 Makanan Ini saat Sahur untuk Menjauhkan Amarah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi makan sahur. INDRANIL MUKHERJEE/AFP/Getty Images

Ilustrasi makan sahur. INDRANIL MUKHERJEE/AFP/Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli gizi dr. Jovita Amelia mengingatkan untuk berpuasa diiringi mencukupi kebutuhan nutrisi, termasuk saat sahur, demi menjaga rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Nutrisi ini harus seimbang agar kadar gula darah tak turun sehingga menyebabkan mudah marah, antara lain dengan karbohidrat, protein, dan lemak.

Berikut daftar makanan yang bisa menjadi pilihan saat sahur dari berbagai sumber.

Baca juga:

Sahur Tidak Nyaman, Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya
Alasan Teh Tak Dianjurkan Diminum saat Sahur

 

#Nasi merah
Jovita mengatakan, nasi merah mengandung serat yang tinggi sehingga membuat tubuh tetap berenergi setelah sahur hingga berbuka puasa. Nasi merah juga kaya protein, zat besi, seng, selenium, dan vitamin B dibanding nasi putih sehingga menjadi rekomendasi Jovita untuk dikonsumsi saat sahur.

Ilustrasi nasi merah. shutterstock.com

#Lentil
Lentil kaya mineral, protein dan serat. Dalam 100 gram lentil terkandung 116 kalori, 9,02 gram protein, 0,3 gram lemak dan 20,13 gram karbohidrat, termasuk 7,9 gram serat, dan 1,8 gram gula. Seperti dilansir Medical News Today, konsumsi lentil bisa menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan berbagai penyebab kematian lainn.

#Kentang
Kentang tergolong karbohdirat kompleks yang mengandung nutrisi penting, antara lain serat, vitamin, dan fitokimia yang bermanfaat untuk tubuh. Makanan ini mengandung 164 kalori dan 30 persen asupan B6, yang ahli kesehatan sarankan. Konsumsi kentang mampu mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi risiko terkena infeksi.

Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

#Brokoli
Satu mangkuk brokoli mengandung 2,6 gram protein dan berbagai nutrisi seperti folat dan potasium. Sayuran ini menyediakan 31 kalori per mangkuk.

#Telur
Makanan ini penyedia protein, berbagai nutrisi penting sekaligus lemak sehat. Berbagai studi menunjukkan telur bisa mencegah orang makan berlebihan. Sebuah penelitian menemukan sekelompok wanita yang mengonsumsi telur di pagi hari merasa kenyang lebih lama dan menyantap kalori lebih sedikit.

#Dada ayam
Dada ayam mengandung protein karena 136 gram dada ayam tanpa kulit menyediakan 26 gram protein untuk tubuh.

#Tempe
Sama seperti tahu, tempe berasal dari kedelai. Namun, tempe memiliki kadar protein lebih tinggi, yakni 17 gram per setengah mangkuk.

#Tuna, salmon, sarden
Ketiga makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting untuk kesehatan jantung dan otak. Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan orang-orang mengonsumsi dua porsi asam lemak per minggu.

#Tofu
Tofu merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Dalam 100 gram porsi tofu menyediakan sekitar 4 gram lemak. Mengganti daging merah dengan tofu bisa mengurangi asupan lemak jenuh.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."