Yang Harus Diperhatikan Penderita Stroke saat Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi stroke. dailymail.co.uk

Ilustrasi stroke. dailymail.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Spesialis saraf dr. Untung Gunarto SpS. MM., mengatakan berpuasa baik dilakukan oleh penderita riwayat stroke karena bisa menjadi pengendali faktor risiko stroke.

"Untuk penderita riwayat stroke atau pernah stroke, puasa dapat menguntungkan dalam mencegah stroke ulang karena pada kondisi puasa bisa menjadi pengendali faktor risiko stroke," katanya.

Dengan demikian, kata dokter di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto itu, puasa merupakan salah satu cara untuk mencegah stroke. Meski demikian, penderita yang sedang mengalami serangan stroke maka berpuasa kurang dianjurkan.

Artikel lain:
Penderita Stroke Makin Banyak, Penyebabnya Kian Beragam

"Penderita stroke yang kurang dianjurkan puasa adalah yang memiliki risiko dehidrasi atau pada penderita stroke dengan diabetes melitus yang rentan terhadap penurunan gula darah secara drastis," katanya.

Dia menjelaskan, pada dasarnya stroke adalah penyakit yang mengikuti faktor risiko stroke itu sendiri.

"Seperti hipertensi, diabetes melitus, kelainan bawaan pada pembuluh darah, kegemukan, penyakit jantung, kurang olahraga, merokok, dan masih banyak lagi, stroke terdiri dari dua jenis, yaitu stroke sumbatan dan stroke perdarahan," katanya.

"Pada saat orang berpuasa, tentu faktor-faktor risiko yang disebutkan bisa dikendalikan sehingga berdampak baik untuk mencegah stroke," katanya.

Baca juga:
Waspadai 10 Penyebab Serangan Stroke

Dia juga mengingatkan selama menjalankan ibadah puasa, maka penderita riwayat stroke tetap harus memperhatikan asupan makanan pada saat berbuka atau sahur. Untuk asupan makan pada penderita riwayat stroke, harus menyesuaikan dengan faktor risikopada penderita stroke.

"Misalkan pada penderita hipertensi, berarti kuncinya pada pengendalian garam, pada diabetes melitus, maka sesuai dengan anjuran penyakit DM dan sebagainya," katanya.

Dengan tetap memperhatikan asupan makanan, maka diharapkan penderita stroke dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."