Dokter Ungkap Penyebab Penuaan Dini Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap hari, hampir semua orang akan melihat cermin untuk melihat penampilan. Bila masih berusia 20an dan sudah menemukan keriput di wajah, kemungkinan besar Anda semakin merasa tidak percaya diri dan membuat terlihat lelah, kulit juga semakin kendur. Padahal, usia sebenarnya masih muda dan tidak seharusnya memiliki banyak kerutan.

Karena itu, perhatikan penyebab kulit menua sebelum waktunya. Dr. Yenny Muliani, representatif dari Dermaster, menjelaskan mengenai faktor kulit menua sebelum waktunya atau penuaan dini.

Baca juga:
Cegah Penuaan Dini dengan Olahraga dan 5 Kebiasaan Lainnya

#Tidak melakukan perawatan kulit
Perawatan kulit tidak harus ke klinik, Anda bisa menggunakan produk perawatan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah penggunaan tabir surya. Wanita Indonesia sering lupa untuk menggunakan tabir surya dan hal tersebut mengakibatkan flek-flek hitam pada wajah.

#Tidak menjaga kesehatan
Perokok aktif juga membuat kulit lebih cepat tua. “Terlalu banyak konsumsi alkohol juga tidak baik,” tutur Yenny di acara Perempuan Bercerita di Ruang & Tempo di Jakarta Selatan, Sabtu, 27 April 2019.

Selain itu, olahraga juga harus dilakukan secara teratur. Terlalu banyak makan makanan cepat saji juga bisa menyebabkan penuaan dini. Ingat, terlalu banyak apapun itu tidak baik.

#Stres dan kurang tidur
“Istirahat kurang maksimal, kulit jadi timbul banyak jerawat karena kurang istirahat,” lanjut Yenny. Selain itu, stres juga menjadi penyebab penuaan dini, terutama untuk orang-orang yang tinggal di kota.

Stres dengan jalanan macet, banyak pekerjaan di rumah, tidak ada waktu untuk mengurus anak, semua hal tersebut bisa membuat kerutan pada wajah. Tidur tidak terlalu nyenyak dengan posisi yang salah juga tidak baik. Sebaiknya jangan tidur menyamping karena bisa membuat wajah tidak terlihat simetris.

Artikel lain:
Cegah Penuaan, Pilih Produk Perawatan Kulit dengan 4 Bahan Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."