3 Alasan Suami Meninggalkan Istri yang Sakit Parah

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Sabtu, 20 April 2019 09:56 WIB
3 Alasan Suami Meninggalkan Istri yang Sakit Parah

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dangdut Cinta Penelope mengungkapkan bahwa dirinya menderita kanker stadium 3. Ia mengatakan hal tersebut saat merayakan ulang tahun ke-35 dan merilis buku berjudul “Sebelum Titik”. Namun,  ia enggan mengungkapkan lebih lanjut jenis kanker yang dideritanya.

Baca juga: Cerita Cinta Penelope dapat Hidayah Berhijab

Di kesempatan yang sama, Cinta Penelope juga mengungkapkan bahwa suaminya menjatuhkan talak 1, usai mengetahui ia menderita kanker. Hal tersebut membuatnya sedih. Ia berharap suami memberi kekuatan untuk berjuang melawan kanker. Meski demikian, Cinta tetap berpikir positif berdoa agar keputusan suami berubah dan bisa kembali rujuk.

Melansir laman Oprah.com, ada beberapa alasan pria meninggalkan istri yang sedang sakit. Berikut ini di antaranya.

#1. Kurangnya Dukungan Emosional
Pekerjaan yang sulit ini semakin sulit karena tidak adanya dukungan emosional. Sementara wanita berpaling ke teman, penasihat, atau kelompok untuk bantuan yang mereka butuhkan, pria tidak. Seorang pria biasanya mengandalkan pasangannya sebagai orang kepercayaan utamanya. Ketika pasangannya sakit, ia tidak memiliki orang kepercayaannya lagi. "Dia tidak punya siapa-siapa untuk bertahanm” kata Louise Knight, seorang pekerja sosial di Johns Hopkins Kimmel Cancer Center.

#2. Takut diabaikan
Pria cenderung kurang tangguh secara emosional daripada wanita, dan seorang suami dapat menarik diri dari istrinya yang sakit dalam upaya bawah sadar untuk meminimalkan rasa sakit yang dideritanya jika wanita itu tidak bertahan hidup.

#3. Tak tertarik merawat orang sakit
Rasio wanita terhadap pria dalam profesi keperawatan mungkin merupakan indikator yang baik tentang berapa banyak pria tertarik untuk merawat orang sakit. Selain itu, beban merawat anak-anak dan rumah ketika ibu sakit dan mungkin membantu menjelaskan mengapa pria meninggalkan istri dengan penyakit kronis.