4 Penyebab Stroke Terbanyak, Yuk Hindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi stroke.saga.co.uk

Ilustrasi stroke.saga.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Otak adalah organ paling penting pada tubuh karena mengontrol semua fungsi tubuh dan memori. Namun, bila stroke sudah menyerang, maka merosotlah fungsi otak tersebut.

Stroke terjadi karena aliran darah ke otak terputus. Alhasil, aliran oksigen ke otak pun terputus dan sel-selnya menjadi mati. Seseorang akan kehilangan kontrol pada beberapa otot tertentu dan juga sulit mengingat, tergantung pada bagian otak yang mana yang terpengaruh.

Di Amerika Serikat, stroke adalah penyebab kematian terbesar kelima. Untuk mencegah serangan stroke, cobalah empat tips dari Cheat Sheet berikut.

Artikel terkait:
Dokter Ungkap Manfaat Ikan untuk Penderita Stroke dan Jantung
Olahraga yang Boleh dan Tidak buat yang Pernah Kena Stroke

1. Tambah konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan
Menambah konsumsi sayuran dan buah-buahan diklaim bisa menurunkan risiko stroke. Menurut sebuah penelitian, setiap 200 gram buah yang dimakan akan menurunkan risiko stroke hingga 32 persen dan setiap 200 gram sayuran, risiko berkurang 11 persen.

2. Kurangi makanan tinggi kolesterol
Banyak orang yang sudah mengerti mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga bisa memicu stroke. Timbunan lemak pada darah bisa berubah menjadi kerak yang menyumbat di pembuluh. Selain serangan jantung, hal itu juga bisa menyebabkan stroke.

Asosiasi Jantung Amerika mengimbau untuk mengurangi konsumsi daging merah, produk-produk susu dengan lemak, dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, yang bisa menaikkan kadar kolesterol.

3. Turunkan tekanan darah
Dengan menurunkan tekanan darah yang tinggi berarti kita juga sudah menurunkan risiko stroke dan masalah kesehatan lain, seperti gagal ginjal dan serangan jantung. Tekanan darah yang terlalu tinggi membuat kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh semakin berat. Bila hal ini terjadi, maka organ-organ penting seperti otak akan rusak karena aliran darah yang terhambat.

Bila tekanan darah tinggi tidak diatasi, risiko stroke pun naik 4-6 kali lipat. Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan memilih makanan yang rendah lemak dan sodium serta batasi minuman beralkohol. Cara lain adalah dengan berolahraga secara teratur karena membuat jantung lebih kuat.

4. Berhenti merokok
Merokok juga bisa memicu stroke karena menyebabkan timbunan kerak pada pembuluh dan menghambat aliran darah ke otak. Meski bukan perokok berat, tetap saja lebih baik untuk berhenti sama sekali dan efek lain adalah menghemat uang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."