Memahami Nokturia yang Bikin Penderitanya Sering Buang Air Kecil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi menahan pipis atau kencing. Shape.com

Ilustrasi menahan pipis atau kencing. Shape.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mungkin Anda sering terbangun dua hingga enam kali dalam semalam hanya untuk buang air kecil. Bisa jadi Anda mengalami kondisi nokturia yang mengganggu jam istirahat tubuh.

Nokturia adalah suatu kondisi orang terbangun pada malam hari karena harus buang air kecil. Penyebab umum antara lain asupan cairan yang tinggi, obstruksi kandung kemih, dan gangguan tidur lain.

Seperti dilansir Medical News Today, nokturia dapat menjadi tanda gangguan kondisi kesehatan lain, termasuk prolaps kandung kemih, tumor kandung kemih atau prostat, dan gangguan lain yang mempengaruhi kontrol sfingter atau otot yang mencegah aliran balik makanan dan asam dari perut ke dalam esofagus.

Artikel lain:
5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Malam Hari
Sebab Kita Ingin Buang Air Kecil bila Sedang Panik atau Tegang

Wanita hamil, penderita gagal jantung atau hati, dan diabetes juga mungkin mengalami nokturia. Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon antidiuretik yang memungkinkan kita untuk menahan cairan. Kehilangan hormon antidiuretik menyebabkan produksi urin lebih banyak pada malam hari.

Orang tua cenderung kehilangan kemampuan menahan kemih dan memiliki masalah medis yang berdampak pada kandung kemih. Sebuah jajak pendapat National Sleep Foundation pada 2003 menunjukkan sekitar dua pertiga responden berusia antara 55 dan 84 tahun mengalami nokturia setidaknya beberapa malam per minggu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."