Jangan Sepelekan Kulit Merah-merah, Bisa Jadi Penyakit Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli dermatologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Jakarta, dr. Kardiana Purnama Dewi, SpKK. mengatakan eksim atau dermatitis menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering muncul belakangan ini. Menurutnya, kondisi peradangan kulit yang ditandai munculnya rasa gatal, kulit memerah itu umumnya berawal dari kulit yang kering.

"Saat ini kebanyakan pasien yang datang ke dokter itu kasus eksim atau dermatitis. Eksim merupakan peradangan kulit yang ditandai gatal-gatal, merah-merah, kadang klenting-klenting. Pencetusnya kulit kering, baik pada usia muda maupun tua," katanya.

Artikel lain:
Sayangi Kulit, Hindari 4 Kebiasaan Ini sebelum Tidur

 

Penyebab kulit kering beragam, mulai dari kebiasaan jarang menggunakan pelembab,
paparan sinar matahari, polusi udara, perubahan cuaca, terlalu sering mandi menggunakan air hangat, dan kebiasaan mengonsumsi makanan rendah gizi (junk food).

"Paparan AC setiap hari juga bisa membuat kulit kering, kebiasaan merokok, terlalu sering pakai antiseptik," tutur Kardiana.

Menurutnya, menggunakan losion secara rutin bisa membantu mengurangi derajat keparahan eksim. Namun, jika tak kunjung pulih, bisa jadi penderita kekurangan vitamin D.

"Pakai losion teratur eksim bisa berkurang. Tetapi kadang kambuh. Bisa jadi karena kurang vitamin D, pasien saya suruh berjemur," katanya.

Kemudian, untuk menghindari efek buruk sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya sejak pukul 08.00 hingga 17.00.

Baca juga:

Dapatkan Kulit Cantik dengan 7 Tips Berikut

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."