Menangani Luka Bakar Tahap Awal dengan Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Talkshow

Talkshow "Aksi Nyata untuk Luka Bakar Anda" dan peluncuran Mebo di Watsons, Depok, Sabtu 16 Maret 2019. dok PR

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penanganan luka bakar masih dianggap sepele. Masih banyak masyarakat yang belum paham menangani luka bakar. Terlebih, luka bakar rentan terjadi pada anak usia 1-4 tahun.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan 6 Bahan Alami

Hal ini berdasarkan riset kesehatan dasar Kementrian Kesehatan 2013. Riset tersebut juga mencatat, luka bakar menempati urusan keenam penyebab cedera tidak disengaja  (unintentional injury) dengan tingkat prevalensi 0,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Penelitian ini dperkuat oleh riset epidemologi sejumlah dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, pada tahun 2013-2015, dimana sebanyak 108 pasien (82,3 persen) luka bakar adalah anak-anak berusia 1-4 tahun. Sedangkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyebutkan luka bakar menyebabkan sekitar 195 ribu jiwa meninggal di Indonesia setiap tahun.

Menurut dr Aryanto Habibie, SpBP-RE, masih banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat seputar tata cara penanganan luka bakar seperti mengoleskan odol, mentega, tepung dan sebagainya. Hal ini menyebabkan penanganan luka bakar yang kurang tepat sehingga dapat membuat luka bakar menjadi bertambah parah.

“Banyak kasus pasien luka bakar tingkat lanjut yang justru berawal dari luka bakar ringan yang disepelekan ataupun tidak ditangani dengan tepat,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap hal ini, Combiphar Weitarsa memberikan edukasi penanganan luka bakar tahap awal. “Kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para ibu mengenai pertolongan pertama luka bakar di rumah. Selain itu, kami juga mendorong keluarga Indonesia untuk selalu sedia Mebo, salep luka bakar, sebagai bagian P3K di rumah mereka,” VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar Weitarsa Hendarto.

Sejak didistribusikan tahun 2006 Mebo dipercaya dan digunakan oleh para dokter di Indonesia untuk penanganan luka bakar dan luka lainnya. Selain di Indonesia, Mebo hadir di 73 negara termasuk di New Zealand, Mesir, Uni Emirat Arab, Malaysia, USA, dan negara lainnya. Kini, Mebo hadir di Watsons, dengan promo spesial berupa potongan discount Rp15.000 yang berlaku mulai dari 15 Maret – 15 April 2019 sehingga dari harga normal Rp. 96.500 menjadi Rp. 81.500,- di gerai Watsons tertentu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."