Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan 6 Bahan Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi madu. shutterstock.com

Ilustrasi madu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak sengaja menyentuh panci panas atau terkena cipratan minyak panas saat menggoreng dapat menimbulkan bekas luka bakar. Bekas luka ini tentu dapat mengganggu penampilan. Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar, salah satunya dengan pengobatan menggunakan bahan alami yang relatif aman digunakan.

Baca juga: Takut Pap Smear karena Menyakitkan, Ada Tipsnya

Namun meski tidak menunjukkan efek instan dan langsung, bahan-bahan itu cukup efektif dan pasti menunjukkan hasil positif dengan penggunaan jangka panjang. Dalam kasus luka bakar ringan tingkat pertama, seseorang dapat mulai menggunakannya dalam beberapa menit pertama setelah terluka, karena membuat banyak perbedaan dalam seberapa baik dan cepat luka bakar dan bekasnya sembuh. Mengutip Boldsky, berikut adalah beberapa bahan-bahan alami untuk menghilangkan  bekas luka bakar.

#1. Madu
Madu dikenal dapat mempercepat penyembuhan luka pada bisul, luka yang terinfeksi, dan luka bakar. Madu juga membantu mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar dan bahkan dapat memudarkan bekasnya. Untuk menggunakannya, campur 2 sendok makan madu mentah dan sejumput kunyit, hingga membentuk pasta yang kental dan halus. Oleskan pasta pada area yang terkena dan biarkan mengering selama beberapa  10-15 menit. Setelah waktu tersebut, bersihkan dengan tisu atau handuk basah. Ulangi sekali setiap hari untuk hasil yang diinginkan dan efektif.

#2. Lidah buaya
Liday buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan luka yang membantu mengobati luka bakar dan bekasnya serta menenangkan kulit yang teriritasi. Campur 2 sendok makan gel lidah biaya dan air mawar di dalamnya dan campurkan sampai halus. Lalu oles pada bekasnya sambil dipijat sekitar 5-10 menit, biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

#3. Kunyit & Susu 
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi serta antiseptik yang membantu mengobati bekas luka bakar. Sedangkan susu dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan juga menghilangkan bekas luka yang ditinggalkan dengan penggunaan berulang. Campur dua sendok makan susu mentah dan sedikit kunyit. Ambil bola kapas, celupkan ke dalam campuran itu oleskan pada area yang terkena. Pijat perlahan selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit lagi. Bersihkan dengan air atau bersihkan dengan handuk basah. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

# 4. Tomat, Telur Putih, & Yogurt 
Dikemas dengan sifat alami yang menenangkan, tomat membantu mencerahkan warna kulit Anda, sehingga memudarkan bekas luka. Selain itu juga dapat melembapkan kulit. Siapkan 1 sendok makan pasta tomat, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan putih telur. Campur semuanya sampai halus. Oleskan pasta pada area yang terkena dan pijat perlahan menggunakan jari-jari Anda. Biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

#5. Kentang 
Kentang dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar dengan penggunaan yang teratur dan berkepanjangan. Rebus 1 buah kentang, lalu  kupas dan potong menjadi dua bagian. Ambil sepotong kentang dan gosokkan di area luka bakar. Pijat dengan lembut selama sekitar 5-10 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggosok kulit kentang di area luka bekar dan meringankan bekasnya dengan penggunaan jangka panjang. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

#6. Bawang Bombai dan minyak essential lavender
Bawang bombai mengandung sulfur dan quercetin yang membantu memudarkan bekas luka, sedangkan minyak esensial lavender memiliki sifat antiseptik yang membantu menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi. Kupas 1 buah bawang bombai, lalu ambil sarinya. Setelah itu campur sarinya dengan beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalamnya dan campurkan kedua bahan dengan baik. Ambil bola kapas, celupkan ke dalamnya dan oleskan ke area luka bakar sekitar 5 - 10 menit. Biarkan selama 5 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin. Ulangi ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."