Takut Nanti Anaknya Ada Kelainan, Aura Kasih pun Tes Kromosom

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Minggu, 3 Maret 2019 21:13 WIB
Takut Nanti Anaknya Ada Kelainan, Aura Kasih pun Tes Kromosom

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejak hamil, artis Aura Kasih sadar tanggung jawabnya semakin besar. Tumbuh kembang anak dimulai sejak dalam kandungan. Itu sebabnya, Aura menjalani sejumlah pemeriksaan untuk memantau perkembangan janin.

Selain USG, Aura menjalani pemeriksaan noninvasive prenatal testing (NIPT). NIPT merupakan pemeriksaan untuk mengetahui apakah janin memiliki kelainan kromosom, seperti yang terjadi pada kasus down syndrome

Baca juga:
Bahagianya Aura Kasih Bakal Punya Anak Perempuan

Hasil pemeriksaan ini memiliki sensitivitas dan spesifikasi yang lebih detail. NIPT mampu mengidentifikasi hingga 99 persen kelainan down syndrome pada kehamilan yang berisiko. Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada usia kehamilan 10 sampai 22 minggu. Menurut Aura, ibu hamil harus peduli dengan perkembangan janin. 

 “Awalnya takut kondisi kromosom janin tidak baik. Setelah diperiksa, kromosomnya normal. Daripada terlambat mengetahui lebih baik dideteksi dari sekarang, saat bayi masih dalam kandungan,” kata Aura.

Artikel terkait:
Aura Kasih Bersyukur Tak Alami Morning Sickness

Menjadi orang tua, menurut Aura tanggung jawab seumur hidup. Tidak mudah, namun pemilik album “Malaikat Penggoda” dan “Puncak Asmara” ini percaya Tuhan akan memberi jalan agar pasangan suami istri mampu menunaikan tugas dengan baik. 

“Menurut saya penting sekali bagi calon ibu melakukan rangkaian pemeriksaan karena banyak jenis kelainan kromosom yang mungkin tidak terdeteksi dalam pemeriksaan kandungan biasa. Pemeriksaan NIPT prosesnya mudah, untuk pengambilan darah dapat dilakukan di rumah atau tempat yang menurut kita nyaman,” papar Aura. 

AURA