Menikmati Sensasi Mandi ala Maroko

Ruang VIP moroccan hammam di Arabella Hammam Spa & Coffee, Radio Dalam, Jakarta Selatan, TEMPO/Silvy Riana Putri

ragam

Menikmati Sensasi Mandi ala Maroko

Selasa, 26 Februari 2019 19:00 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Morrocan Hammam menawarkan sensasi pengalaman mandi ala Maroko. Kata ‘hammam’ berarti kamar mandi atau merujuk ke pemandian khas Turki. Semua tahapan morrocan hammam membutuhkan air hangat untuk mengawali ataupun mengakhiri perawatannya.

Salah satu yang menawarkan morrocan hammam di Jakarta adalah Arabella Spa Hammam & Coffee. Kata ‘arabella’ bermakna kecantikan Timur Tengah. Arabella Spa Hammam & Coffee merupakan rebranding dari Spa & Beyond yang sudah berdiri sejak 2015. Pendirinya adalah Farah Spears, mantan pramugrari di salah satu maskapai penerbangan Timur Tengah.

Farah menceritakan ide membuat Morocan Hammam ini dari teman yang berasal dari Maroko. Dia penasaran temannya mandi dalam waktu yang lama. Ketika mencoba mandi ala Maroko sendiri, ternyata justru membuatnya ketagihan. "Meskipun sudah tidak aktif lagi menjadi pramugari, saya tetap menjalani ritual tersebut dan banyak teman-teman yang menanyakan rahasianya dan menitip beli produknya pas saya liburan ke Maroko. Akhirnya saya lihat ini peluang bisnis dan mulai sejak empat tahun lalu,” ucap Farah Spears saat ditemui Tempo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat 22 Februari 2019.

Farah Spears, pemilik Arabella Hammam Spa & Coffee, Radio Dalam, Jakarta Selatan. TEMPO/Silvy Riana Putri

Di Arabella Spa Hammam & Coffee ini, yang menjadi andalan adalah penggunaan black soap (beldi), sarung kessa, dan masker lumpur atau ghassoul clay. Tahapan pertama adalah penguapan saat sekujur tubuh dibasuh air hangat. Setelah itu, terapis akan membalurkan beldi ke seluruh bagian tubuh sembari memijat selama 20 menit. Beldi adalah sabun dengan tekstur gel berwarna hijau tua yang terbuat dari minyak zaitun dan argan.

Setelah pemijatan, terapis akan menyirami tubuh dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Dilanjutkan dengan berendam di dalam bath tub yang sudah dicampur garam berwarna biru untuk membunuh bakteri dan relaksasi tubuh. Selain berendam, kita juga menikmati creambath dan pijatan di area wajah serta leher selama 15 menit.

Ruang VIP moroccan hammam di Arabella Hammam Spa & Coffee, Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat 22 Februari 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

Tahap berikutnya adalah eksfoliasi dengan sarung tangan kessa yang menjadi salah satu keistimewaannya. Tekstur sarung tangan ini sedikit kasar sebab terbuat dari serat pohon kessa di Maroko. Ketika terapis mulai menggosok ke tubuh perlahan-lahan daki dan kotoran luruh dari kulit tanpa bantuan krim lulur seperti di perawatan spa lain.

Kemudian tubuh akan kembali diguyur air hangat untuk membersihkan sisa daki yang masih menempel. Selanjutnya, terapis akan mengoleskan masker lumpur dari lereng pegunungan Atlas di Maroko. Masker bertekstur cair dan berwarna coklat ini berfungsi untuk menutup pori-pori yang sudah terbuka, melembutkan serta mengencangkan kulit. Anda juga bisa memilih tambahan minyak argan atau zaitun ke dalam masker. Pemakaian masker ini berlangsung selama 15 menit. Setelah itu, tubuh akan dibersihkan dengan air hangat yang menjadi tahap air dari rangkaian morrocan hammam.

Ruang VIP moroccan hammam di Arabella Hammam Spa & Coffee, Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat 22 Februari 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

Di Arabella Spa Hammam & Coffee Radio terdapat tiga ruangan morrocan hammam di lantai dua. Ruangan VIP dengan interior khas Maroko berwarna putih dan hitam dengan ukuran tempat tidur marmer besar dan bathtub. Sementara dua ruangan lain masih bertema Maroko dengan sentuhan dekorasi warna emas memiliki dua tempat tidur dengan ukuran single serta bathtub. 

Untuk menikmati ritual morrocan hammam di Arabella Spa Hammam & Coffee, Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 299.000 dan waktu selama 90 menit. Selain morrocan hammam, Anda juga bisa menikmati hot stone massage, ayurvedic massage hingga perawatan wajah di lantai tiga. Saat menunggu giliran perawatan atau lapar usai perawatan bisa bersantap di lantai satu dengan aneka menu kopi, camilan, dan hidangan utama. Spa berlantai tiga di kawasan Radio Dalam ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.