Tak Cuma Sehat DImakan, Bayam Juga Oke buat Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bayam. Shutterstock

Ilustrasi bayam. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah ditemukan dan tentunya favorit banyak orang. Bayam termasuk dalam daftar makanan yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi, seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta banyak mineral. Selain itu bayam juga menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kurang darah atau anemia.

Selain manfaat sayur ini yang sudah tidak perlu diragukan untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata bayam juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendukung kecantikan kulit dan rambut. Bayam memiliki beberapa manfaat buat kecantikan kulit dan rambut.'

Baca juga:
Resep Olahan Bayam Kekinian, Ada Saus Putihnya

1. Menyembuhkan jerawat membandel
Masalah jerawat memang seperti tidak mengenal kata usai. Tidak jarang saat sudah menemukan produk atau perawatan yang cocok untuk mengatasi jerawat, tahu-tahu kulit menjadi kebal dan jerawat kembali lagi. Bayam bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi jerawat. Vitamin A dan C yang terkandung dalam bayam berfungsi sebagai antioksidan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mengonsumsi bayam segar dalam bentuk salad ataupun jus, atau bisa juga membuat masker bayam. Caranya dengan menghaluskan daun bayam yang sudah dibersihkan dengan sedikit air. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Selain mengatasi jerawat, masker bayam juga akan mengangkat kotoran, minyak, dan juga mendinginkan kulit wajah.

Jus Bayam. healthydietbase.com

2. Sebagai tabir surya
Kandungan vitamin B pada bayam dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet dari matahari sehingga terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari dan juga kanker kulit.

3. Sebagai antipenuaan
Bayam mengandung banyak antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini yang tentunya menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh kaum hawa. Dengan mengonsumsi bayam secara teratur, maka proses penuaan dini akan terhambat.

Artikel lain:
Anda Anemia? Atasi dengan Bayam Merah. Cek Manfaat Lain

4. Memperbaiki kondisi kulit
Vitamin A dan C yang cukup tinggi dalam bayam mampu memperbaiki kondisi kulit yang mungkin selama ini kekurangan nutrisi. Vitamin A berguna untuk mencerahkan warna kulit, sedangkan vitamin C memiliki peranan penting dalam memperbaiki sel-sel di kulit.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Buat yang memiliki permasalahan rambut yang tipis, bayam bisa menjadi salah satu solusi. Kandungan vitamin B, C, E, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan asam lemak omega-3 dalam bayam akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Zat besi dalam bayam juga akan membantu mengikat oksigen dalam sel darah merah untuk didistribusikan ke folikel rambut, sehingga batang rambut kamu ternutrisi dan menjadi kuat.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."