Dokter: Sikat Gigi Hanya Membersihkan 25 Persen Bagian Mulut

Ilustrasi menggosok gigi. TEMPO/Aditia Noviansyah

kesehatan

Dokter: Sikat Gigi Hanya Membersihkan 25 Persen Bagian Mulut

Kamis, 21 Februari 2019 19:29 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan tubuh. Karena itu mulut menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan perncernaan dan penyakit bila tidak dibersihkan dengan baik secara rutin.

Sikat gigi setiap hari adalah suatu hal yang penting, dan penting dilakukan minimal dua kali sehari. Namun, sikat gigi saja ternyata tidak cukup untuk membersihkan mulut 100 persen.

Artikel lain:Memahami Takaran Pasta Gigi dan Cara Menyikat Gigi yang Tepat

“Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25 persen dari mulut sehingga ini tidak cukup, karena masih ada 75 persen bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya,” jelas Drg. Yudha Rismanto, Praktisi Kesehatan Gigi, Rabu, 20 Februari 2019.

Dia menjelaskan kalau setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur setiap harinya harus rutin membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi dan juga berkumur menggunakan obat kumur. Bila mulut tidak dibersihkan sampai 100 persen, kuman akan menjadi jahat dan bisa menyebabkan berbagai masalah dalam mulut.

Sikat gigi saja tidak bisa membersihkan mulut sampai seratus persen karena banyak rongga-rongga di dalam mulut yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi.

Baca juga:7 Kesalahan Sikat Gigi yang Bikin Gigi Rusak

“Dengan berkumur menggunakan mouthwash dan menggunakan benang gigi, kita bisa mendapatkan 100 persen kebersihan. Kumannya memang bukan mati tapi tidak akan aktif dan merusak mulut,” lanjut Yudha.

Dia menjelaskan kalau mouthwash atau pembersih mulut yang baik adalah yang menggunakan kandungan minyak esensial. Sama seperti menyikat gigi, membersihkan mulut menggunakan benang gigi dan mouthwash juga harus dilakukan dua kali sehari.