Yuk Dengarkan Musik dan Rasakan Manfaatnya buat Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita/ibu hamil mendengarkan musik. TEMPO/Aditia Noviansyah

Ilustrasi wanita/ibu hamil mendengarkan musik. TEMPO/Aditia Noviansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mendengarkan musik adalah hobi kebanyakan orang. Musik juga menjadi salah satu yang dapat mempersatukan banyak orang dari berbagai kalangan dan usia.

Tak hanya itu,musik ternyata juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut empat manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari terapi musik.

Artikel lain:
Penelitian Membuktikan Musik Memang Banyak Manfaatnya

#Mengatasi stres
Sebuah penelitian pada 2008 mengungkapkan bahwa 236 ibu hamil mengaku bahwa terapi musik dapat mengurangi tingkat stres. Selain itu, studi di 2009 juga menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat menekan stres pada penderita gagal jantung. 

#Mengatasi autisme
Musik juga sangat bermanfaat untuk mengatasi autisme pada anak. Sebuah penelitian menemukan bahwa terapi musik dapat meningkatkan komunikasi anak-anak yang memiliki kelainan spektrum autisme.

Baca juga:
Kata Peneliti Musik Cadas Bikin Tenang, Musik Riang Bikin Kreatif

#Mengatasi depresi
Terapi menggunakan musik juga mengurangi tingkat depresi. Sebuah studi di 2008 mengungkapkan bahwa penurunan gejala depresi dialami oleh mereka yang melakukan terapi musik. 

#Membantu melawan kanker
Menurut penelitian, mendengarkan musik dianggap bisa menjadi terapi bagi pasien kanker. Terapi musik disebut bisa mengurangi kecemasan pada pasien serta meringankan mual dan muntah dari dosis tinggi kemoterapi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."