Konsultan Keuangan Jelaskan Keuntungan Punya Satu Rekening Bank

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi buku tabungan. Shutterstock

Ilustrasi buku tabungan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang bisa memiliki 2-3 rekening bank yang berbeda-beda. Misalnya untuk gaji, tabungan, dan rekening khusus untuk syarat pengajuan pinjaman bank. Namun tak sedikit pula yang memiliki rekening lebih dari 3 bank dan kerap memicu masalah dalam pengaturannya.

Baca juga: Sandra Dewi Ingatkan Tabungan yang Penting Selain Uang

Menurut konsultan keuangan Farah Dini Novita, punya satu rekening bank memiliki banyak keuntungan dibandingkan punya rekening lain di bank berbeda. "Dari segi pengaturan, pengecekan, maupun evaluasi pengeluaran akan lebih mudah, jika kita dapat melihatnya di satu rekening bank daripada di beberapa bank yang berbeda,"ujar Farah yang juga Co-founder dan Vice CEO Jouska, kepada Tempo beberapa waktu lalu

Apabila membutuhkan mutasi rekening koran beberapa bulan ke belakang untuk suatu kebutuhan, maka akan lebih simpel, jika kita hanya meminta dari satu bank saja. Kemudian, memiliki banyak rekening bank, berarti banyak biaya administrasi atau biaya lainnya yang harus dibayarkan. Jika suatu saat uang mencukupi untuk menjadi nasabah prioritas di bank tersebut, maka akan lebih banyak keuntungan didapatkan, misalnya negosiasi fasilitas yang ditawarkan, mulai dari bunga bank KPR, deposito, rate money changer, dan lainnya.

Artikel lain: Dhini Aminarti Ungkap Beratnya Mengelola Keuangan Keluarga

Lebih mudah pula meminta bukti keuangan berupa rekening koran asli, jika dibutuhkan untuk keperluan tertentu, contohnya memenuhi persyaratan menyekolahkan anak ke luar negeri. Selain itu, juga bisa mendapatkan fasilitas safe deposit box, unlimited cheque book facility, wealth management, executive lounge, dan lainnya. “Jika Anda harus memisahkan antara tabungan operasional dan dana darurat, maka bisa membuat dua rekening di bank yang sama," tandas Farah. 

SILVY RIANA PUTRI

  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."