Mau Cuka, Soda Kue dan Lemon sebagai Pembersih, Cek Dulu Sifatnya

Ilustrasi lemon dan baking soda. shutterstock.com

ragam

Mau Cuka, Soda Kue dan Lemon sebagai Pembersih, Cek Dulu Sifatnya

Minggu, 27 Januari 2019 16:10 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Soda kue, cuka, garam, dan lemon biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat produk pembersih perabotan rumah. Namun, Carolyn Forte, direktur divisi perabotan rumah tangga dan produk pembersih di majalah Good Housekeeping di Amerika Serikat memperingatkan untuk mempelajari terlebih dulu sifat-sifat bahan yang akan digunakan sebagai produk pembersih perabotan rumah tangga.

Pahami beberapa manfaat dasar dari bahan-bahan yang akan digunakan sebagai produk pembersih. Misalnya, cuka dapat menghilangkan lemak, membersihkan endapan mineral, serta mempunyai kualitas disinfektan. Namun, jangan menggunakan cuka secara berlebihan sebab dapat membuat perabotan menjadi kusam.

Baca juga:Alasan Air Lemon Berkhasiat Menurunkan Berat BadanTren Membuat Perawatan Kulit Sendiri, Dokter: Belum Tentu Efektif

Sedangkan air lemon yang dicampur sedikit garam padat menghapus noda karat. Tapi jangan sekali-sekali menggunakan campuran lemon dan garam di perabotan kayu karena akan merusak lapisan luar.

Soda kue adalah bahan untuk menghilangkan bau yang efektif dan berfungsi sebagai bahan abrasif ringan. Namun, jangan sekali-sekali mencampurnya dengan cuka.

“Soda kue dan cuka tidak boleh dicampurkan karena ketika bercampur menjadi tidak efektif untuk membersihkan dan jika dimasukkan dalam toples akan meledak,” kata Forte.

AURA