Mau Cuka, Soda Kue dan Lemon sebagai Pembersih, Cek Dulu Sifatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi lemon dan baking soda. shutterstock.com

Ilustrasi lemon dan baking soda. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Soda kue, cuka, garam, dan lemon biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat produk pembersih perabotan rumah. Namun, Carolyn Forte, direktur divisi perabotan rumah tangga dan produk pembersih di majalah Good Housekeeping di Amerika Serikat memperingatkan untuk mempelajari terlebih dulu sifat-sifat bahan yang akan digunakan sebagai produk pembersih perabotan rumah tangga.

Pahami beberapa manfaat dasar dari bahan-bahan yang akan digunakan sebagai produk pembersih. Misalnya, cuka dapat menghilangkan lemak, membersihkan endapan mineral, serta mempunyai kualitas disinfektan. Namun, jangan menggunakan cuka secara berlebihan sebab dapat membuat perabotan menjadi kusam.

Baca juga:
Alasan Air Lemon Berkhasiat Menurunkan Berat Badan
Tren Membuat Perawatan Kulit Sendiri, Dokter: Belum Tentu Efektif

Sedangkan air lemon yang dicampur sedikit garam padat menghapus noda karat. Tapi jangan sekali-sekali menggunakan campuran lemon dan garam di perabotan kayu karena akan merusak lapisan luar.

Soda kue adalah bahan untuk menghilangkan bau yang efektif dan berfungsi sebagai bahan abrasif ringan. Namun, jangan sekali-sekali mencampurnya dengan cuka.

“Soda kue dan cuka tidak boleh dicampurkan karena ketika bercampur menjadi tidak efektif untuk membersihkan dan jika dimasukkan dalam toples akan meledak,” kata Forte.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."