Langkah Terbaik Jika Teman Marah karena Berbeda Pendapat

Ilustrasi perempuan marah. Shutterstock

ragam

Langkah Terbaik Jika Teman Marah karena Berbeda Pendapat

Senin, 21 Januari 2019 20:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat kamu dan teman berbeda pendapat tentang satu hal, cenderung akan terjadi perdebatan. Bahkan dalam masyarakat luas pun perbedaan pendapat bisa membuat seseorang merasa sangat marah. Lantas, apa yang harus dilakukan bila orang yang marah karena memiliki perbedaan pendapat adalah seorang teman?

Baca juga: Pilih-pilih Teman, Pastikan Dia Punya 4 Karakter Terbaik

Pakar Ilmu Sosial, Budaya, dan Komunikasi Universitas Indonesia, Dr. Devie Rahmawati mengatakan saat amarah meledak, ada dua pilihan dan itu tergantung dengan keinginan kita sendiri. Jika kita ingin suasana mereda, kita harus mundur. 

“Sebaiknya step back. Kecuali ingin sama-sama meledak. Ada juga kalau ingin menang negosiasi caranya dengan naik ke level mereka. Dia teriak kencang, Anda teriak kencang,” jelas Dr. Devie Rahmawati, di Museum Nasional, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Namun dengan teman, kamu tentu tetap ingin menjalin hubungan, jadi sebaiknya jangan ikut marah. Karena kadang kalau amarahnya meledak, kita juga bisa terkena ruginya. “Minimal hubungan rusak. Ingat, dalam sebuah peperangan tidak akan pernah ada yang benar-benar menang, karena semuanya rusak. Yang penting kita sadar bahwa dalam konflik harus ada yang mengambil peran untuk mundur,” lanjut Dr. Devie.

Kamu bisa memberikan waktu agar dia mendengar dan memikirkan kembali pendapatmu. Makanan dan minuman juga bisa menjadi cara untuk menenangkan semuanya. Setelah itu, ganti topik pembicaraan, atau paling tidak menenangkan teman kalau sudah marah.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA