Kiat Memilih Kata Permintaan Maaf yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi maaf. Bbcamerica.com

Ilustrasi maaf. Bbcamerica.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meminta maaf memang bukan pekerjaan mudah. Butuh kata-kata yang menjadi penentu tersampainya pesan. Bila mengucapkan kata minta maaf salah bisa menganggu bentuk hubungan apapun.

Lain ceritanya, jika menyampaikan minta maaf dengan pilihan diksi yang tepat, maka kian memperkuat suatu hubungan. Menurut psikolog Harriet Lerner di laman Inc, penggunaan kata tetapi untuk meminta maaf dapat menghambat tersampaikannya rasa ketulusan niat. Alasannya, kata tersebut menyiratkan kesan pembenaran atas kesalahan yang dibuat dan menghindar dari tanggung jawab.

Artikel lain:

Ajarkan Anak 3 Kata Ajaib Berikut, Suasana Jadi Damai
Mulan Jameela Berhijab Lalu Minta Maaf karena Penampilannya

Contohnya, "Saya minta maaf, tetapi Anda membuat saya marah dulu." Itu bukanlah permintaan maaf yang efektif. Bahkan, itu menunjukkan sikap pasif-agresif, tanpa ketulusan, dan berpeluang memancing lawan bicara semakin marah.

Lerner juga menyarankan sebaiknya lebih banyak menjelaskan kesalahan yang dibuat dan hal yang sudah dilakukan untuk mengatasinya. Sheri Meyers, ahli terapi perkawinan dan keluarga, juga ikut membagi sejumlah tips berikut.

#Menerima tanggung jawab penuh atas kesalahan ataupun kelalaian yang dilakukan.

#Tuluslah dalam berucap minta maaf atas semua akibat yang ditimbulkan.

#Ciptakan suasana minta maaf yang nyaman bagi orang yang dituju. Hal ini baik untuk membangun komunikasi dua arah yang tenang, agar tidak berlama-lama membahas kesalahan dalam waktu lama.

SILVY RIANA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."