Mau Curhat soal Suami, Apa yang Boleh dan Jangan Diceritakan

Ilustrasi wanita tersenyum bersama teman. shutterstock.com

cinta

Mau Curhat soal Suami, Apa yang Boleh dan Jangan Diceritakan

Sabtu, 24 November 2018 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kehidupan rumah tangga yang naik turun kerap membuat suami atau istri tergoda untuk berbagi cerita dengan teman atau anggota keluarga besar. Curhat sekadar membuat hati dan pikiran lega. Syukur-syukur jika ada saran positif dari mereka sehingga hubungan pernikahan tetap harmonis.

Hanya saja, tak semua urusan bisa diceritakan kepada orang lain. Ada hal-hal yang sebaiknya hanya dibicarakan oleh suami dan istri dengan hati, pikiran, sudut pandang terbuka, serta kedudukan yang setara.

Dengan begitu, bukan cuma perasaan lega namun juga ada solusi karena yang menjalani kehidupan pernikahan adalah suami dan istri itu sendiri.

Selain ada sesuatu yang pantang dibicarakan dengan orang lain, ada pula urusan yang sebaiknya bahkan harus disampaikan kepada orang lain. Mengutip laman Relate, berikut masalah rumah tangga yang boleh dan jangan diceritakan kepada orang lain.

# Pelecehan fisik dan/atau emosionalBerbicara dengan teman dan keluarga sangat penting jika salah satu pasangan, terutama istri, menghadapi pelecehan fisik dan/atau emosional. Dalam kasus seperti ini, salah satu pihak sangat mungkin merasa terisolasi, sehingga merasa seolah-olah tidak ada orang yang dapat membantu.

Pelecehan fisik dan/atau emosional bisa jadi dilakukan pasangan dengan sengaja. Karena itu, bicara orang lain dapat menjadi bantuan yang bahkan bisa menyelamatkan hidupmu.

# Sedang bingungMencari tahu lebih banyak mengenai masalah yang dialami juga dapat membantu mengurangi rasa bingung. Suami atau istri bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang harus dilakukan.

Ada banyak informasi bermanfaat yang bisa didapatkan dari teman, anggota keluarga, atau bantuan profesional, seperti bagaimana meningkatkan komunikasi, mengatasi perdebatan dengan pasangan yang seolah tak berujung, sampai urusan perselingkuhan dan materi.

Baca: Tips Pertahankan Gairah Asmara dalam Rumah Tangga

# Rahasia pasanganYang namanya rahasia, jangan sampai diungkapkan kepada orang lain. Terlebih jika masalahnya menyangkut sesuatu yang sangat penting. Tak perlu membicarakan masalah pribadi yang menjadi rahasia di antara suami istri kepada orang lain. Hargailah kejujuran pasangan. Dia menyampaikan semua itu karena dia mempercayaimu. Jangan rusak kepercayaan itu.

# Kebiasaan pasangan yang memalukanMungkin suami atau istri memiliki kebiasaan yang memalukan atau dia tidak bisa melakukan sesuatu, dan tidak ingin hal itu diketahui orang lain. Jadi, jangan menceritakan kebiasaan pasangan yang memalukan tersebut kepada orang lain. Sebab, orang lain bisa saja membesar-besarkannya dan membuat pasanganmu malu. Tentu saja dia akan tahu kalau kamulah yang telah membocorkannya, dia akan marah kepadamu.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Baca juga: Cerai dari Ahmad Dhani, Maia Estianty Laris Jadi Tempat Curhat