Tips Pertahankan Gairah Asmara dalam Rumah Tangga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi keluarga/istri-suami-anak di atas kasur. shutterstock.com

Ilustrasi keluarga/istri-suami-anak di atas kasur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekerjaan, urusan anak-anak, maupun keperluan rumah tangga lainnya kerap menguras tenaga dan pikiran sehingga suami istri tak lagi merasakan percikan asmara sehangat semasa pacaran. Bertahun-tahun menikah dan melakukan rutinitas yang sama, suami istri merasa hubungan terasa kian jenuh dan kehilangan gairahnya.

Baca juga:
Kiat Menghindari Konflik Pernikahan karena Pertentangan Ego
Dina Lorenza Cerai, Ketahui 8 Faktor Pemicu Retaknya Rumah Tangga

Psikolog dan pakar hubungan Madeleine Mason mengatakan gairah dalam hubungan suami istri itu penting, meski pernikahan telah berjalan bertahun-tahun. "Dibutuhkan dua hal agar gairah tetap menyala, yakni menjaga dan membangun hubungan," kata Madeleine yang juga pemilik lembaga konseling hubungan PassionSmiths di London, Inggris.

Menjaga hubungan artinya tetap melakukan rutinitas, aturan dalam hubungan sesuai komitmen, juga memperhatikan kebutuhan masing-masing. Ini hal-hal yang menurut Madeleine sifatnya bisa membosankan bagi beberapa pasangan, seperti layaknya belanja kebutuhan bulanan.

Ilustrasi suami istri. Shutterstock

Bagaimanapun setiap rumah tangga punya rutinitas. Sesuatu yang dilakukan secara konsisten itu baik. Namun adanya variasi dalam rutinitas itu juga penting. "Variasi ini menjadi aspek yang sering terlupakan. Ketika ada variasi dalam hubungan, maka tercipta kreativitas, kesenangan, dan empati di dalamnya," ucap. Madeleine.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."