Yang Dipikirkan Istri Sebelum Memutuskan Menggugat Cerai

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Jumat, 23 November 2018 21:07 WIB
Yang Dipikirkan Istri Sebelum Memutuskan Menggugat Cerai

CANTIKA.COM, Jakarta - Memutuskan bercerai tentu bukan perkara mudah. Seorang istri yang mengajukan gugatan cerai kepada suami biasanya sudah berpikir panjang tentang apa saja implikasi dari gugatan itu terhadap diri sendiri, anak (jika sudah ada), keluarga besar, sampai kehidupan sosialnya.

Baca: Gisella Anastasia Bicara Cerai: Bukan Orang Ketiga dan Materi

Psikolog Q Consulting, Rena Masri mengatakan sebelum memutuskan untuk bercerai, suami istri pasti sudah melalui masa-masa pertimbangan yang panjang. Biasanya, mereka juga telah melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki keadaan dan menjaga keutuhan rumah tangganya.

"Karena upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil, maka salah satu dari mereka memutuskan bercerai," kata Rena Masri. Beberapa hal yang harus dipikirkan bersama sebelum suami istri memutuskan berpisah adalah masa depan anak dan menyampaikan kabar buruk ini kepada keluarga masing-masing pihak.

Ilustrasi cincin kawin. Shutterstock

Saat suami istri sudah tidak tinggal serumah, mereka harus memikirkan bagaimana agar perpisahan ini tidak berdampak negatif pada perkembangan anak, metode pengasuhan yang seimbang, sampai cara membagi waktu anak dengan kedua belah pihak.

Beberapa hal lain yang juga menjadi pertimbangan, menurut Rena Masri antara lain kekhawatiran tentang stigma terhadap status janda atau duda. "Urusan finansial yang tidak stabil sampai khawatir menghadapi teman dan keluarga besar," ucap dia.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:
Gisella Anastasia Gugat Cerai, 3 Tanda Cinta Suami Istri Memudar