Bahan Aneh Produk Kecantikan, Jelaga pun Jadi Riasan Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi alat make up (mineral makeup). shutterstock.com

Ilustrasi alat make up (mineral makeup). shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk kecantikan terbaik adalah yang berasal dari bahan alami. Perempuan zaman dulu memilih aneka jenis bunga, susu, madu, dan sumber alam lainnya sebagai bahan dasar untuk merawat kecantikan mereka.

Baca:
Bingung Apa Jenis Kulitmu, Ambil Selembar Tisu dan Lakukan Ini

Dari semua bahan yang umum dipakai, ada beberapa sumber yang terbilang tak lazim. Berikut ini bahan aneh yang menjadi campuran produk kecantikan zaman dahulu.

1. Timah
Timah menjadi salah satu bahan yang terkandung di dalam produk kecantikan zaman dulu. Campuran timah pada produk kecantikan dianggap bisa membuat wajah menjadi lebih cerah. Padahal kandungan timah sangat berbahaya jika dipakai dalam waktu panjang.

2. Gajih
Gajih adalah istilah lemak yang terdapat pada hewan. Bahan ini juga pernah menjadi campuran produk kecantikan, sama seperti kaldu dan susu.

3. Darah
Mewarnai kuku memang menjadi rutinitas wanita sejak zaman romawi. Namun, saat itu cat kuku dibuat dari berbagai bahan, salah satunya adalah darah.

4. Jelaga
Untuk mempercantik diri, wanita pada zaman Mesir kuno biasanya mengandalkan jelaga. Jelaga terbuat dari arang dicampur mineral yang disebut galena. Mereka kemudian mengaplikasikannya untuk riasan mata.

TEEN

Artikel lainnya:
Tak Semua Beauty Hack Aman, yang Satu Ini Dokter Tak Menganjurkan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."