4 Dari 10 Wanita Indonesia Suka Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Ilustrasi wanita di depan cermin. Shutterstock

kecantikan

4 Dari 10 Wanita Indonesia Suka Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Senin, 1 Oktober 2018 19:57 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika melihat foto-foto teman di media sosial atau menyimak penampilan selebriti di televisi, terkadang seorang wanita membandingkan dirinya dengan orang lain atau selebriti tersebut.

Baca juga:Hal yang Ada di Benak Wanita Saat Bertemu Cowok Ganteng

Dari hasil riset Dove berjudul 'Indonesia Beauty Confidence Report 2017', sebanyak 38 persen wanita Indonesia suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Itulah salah satu sebab mereka menjadi kurang percaya diri.

Riset tersebut juga menunjukkan kalau 84 persen wanita Indonesia tidak tahu kalau diri mereka itu cantik. Dari penelitian yang merangkum kurang percaya dirinya perempuan Inodnesia, Dove meluncurkan kampanye #CantikSatukanKita melalui media sosial. Gerakan ini mendorong wanita Indonesia membangun lingkungan yang positif dan lebih percaya diri.

Ira Noviarti (Personal Care Director Unilever Indonesia), Meautia Hatta (Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Indonesia), Sisi Asih (Influencer Media Sosial dan Pramugari Maskapai Garuda Indonesia), Butet Manurung (Aktivis Perempuan, Pelopor Pendidikan Alternatif untuk Masyarakat Adat, dan Pendiri SOKOLA) di Eastern Opulence, Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018 (Tempo/Astari P Sarosa)

"Kami ingin menciptakan dunia di mana perempuan dapat menjalani hidup tanpa dibatasi oleh stereotip dan standar tertentu yang merugikan,” kata Ira Noviarti, Personal Care Director Unilever Indonesia di Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018. Gerakan #CantikSatukanKita berhasil menjangkau 27 juta orang di Indonesia melalui rangkaian acara dan juga dengan partisipasi online.

Ira Noviarti berharap setiap wanita Indonesia bisa saling menginspirasi satu sama lain. Sebab, sejatinya kecantikan tidak dapat diwakilkan dengan standar apapun juga. Pramugari maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang juga influencer, Sisi Asih mengatakan interaksi di media sosial penting untuk mengurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri.

Influencer yang juga pramugari Maskapai Garuda Indonesia, Sisi Asih di Eastern Opulence, Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018 (Tempo/Astari P Sarosa)

Sisi Asih melanjutkan, penggunaan media sosial kerap membuat seseorang terjebak dalam sugesti dan komentar negatif, sehingga yang mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang di dunia maya maupun nyata. "Karena itu, sebaiknya semua orang lebih positif dalam menggunakan media sosial," ucap dia.

Artikel lainnya:Cari Tahu Apa yang Diinginkan Wanita dari Zodiaknya