7 Tips Hidup Tenang, Bahagia, dan Efisien

Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

ragam

7 Tips Hidup Tenang, Bahagia, dan Efisien

Jumat, 21 September 2018 15:06 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidup akan selalu dekat dengan tantangan. Ada yang menganggap tantangan menjadi dorongan untuk berusaha lebih baik lagi, tapi ada juga yang merasa tantangan adalah sebuah masalah yang menghadang.

Jika ingin merasakan kehidupan yang tenang dan bahagia, setidaknya cobalah untuk bersahabat dengan masalah. Sebab, hidup terdiri dari rangkaian peristiwa yang harus dihadapi. Dan pilihan gaya hidup adalah kunci untuk mendapatkan ketenangan, kebahagiaan, dan efisiensi yang diidamkan.

Untuk mencapai semua itu, mari kita simak apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai kehidupan yang tenang, bahagia, dan praktis.

1. Jangan khawatirWajar jika kadang kala kamu merasa takut dan khawatir. Tapi jika dibiarkan berlarut-larut, perasaan itu akan memicu stress, penyakit mental , dan menjadi sumber ketidakbahagiaan. Padahal rasa khawatir akan sesuatu yang belum terjadi akan menghabiskan sebagian besar energi yang semestinya bisa disalukan ke aktivitas yang lebih positif.

2. Bersyukur Bersyukur akan menentramkan jiwa dan berpikir positif menjadi kuncinya. Bersyukur juga mampu mengarahkan kita untuk selalu berbuat baik dengan berbagi. Belajar bersyukur dan berterimakasih dari semua yang telah didapatkan, bahkan ketika menghadapi sesuatu yang buruk sekalipun, akan membuat tenang.

3. Tidur dengan tenangKenangan buruk yang dibawa tidur akan berdampak buruk untuk kesehatan, terutama pada otak. Saat marah dan kecewa melanda, dan semua masalah dibawa tidur, maka orang tersebut rentan stress karena teringat oleh kenangan buruk tersebut. Jadi, jangan membawa masalah saat kamu tidur.

4. Tiada dendam Dendam akan membuatmu berpikir negatif dan menggerogoti semangat hidup. Sebab, pikiranmu selalu tertuju pada sesuatu yang berakibat pada orang lain dan membuatmu tidak fokus pada kehidupanmu sendiri. Karena itu, buang rasa dendam karena tidak ada gunanya. Ini saatnya hidup bahagia tanpa harus membalas perlakuan negatif orang lain.

5. Relakan nostalgiaKenangan indah memang susah dilupakan, kenangan sedih pun sulit terhapus. Tapi pada hakekatnya semua itu adalah masa lalu. Cukup ambil pelajaran dari kenangan dan mantaplah menatap ke masa depan. Lagipula, kamu hidup untuk hari esok, bukan hari kemarin.

6. Dekat dengan Tuhan Beribadah adalah salah satu cara menenangkan hati dan pikiran. Ingatlah dari mana kita datang dan ke mana akan kembali.

7. Pilih yang praktis Dengan lalu lintas yang padat, apakah kamu memilih berjibaku dengan kemacetan di jalan atau sarana transportasi lain yang nyaman untuk ke kantor? Pilih yang praktis, mudah, dan nyaman untukmu. Setidaknya ini akan meringankan pikiran dan mengurangi tenaga yang terbuang di jalan.

TABLOIDBINTANG