7 Tips Hidup Tenang, Bahagia, dan Efisien

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidup akan selalu dekat dengan tantangan. Ada yang menganggap tantangan menjadi dorongan untuk berusaha lebih baik lagi, tapi ada juga yang merasa tantangan adalah sebuah masalah yang menghadang.

Jika ingin merasakan kehidupan yang tenang dan bahagia, setidaknya cobalah untuk bersahabat dengan masalah. Sebab, hidup terdiri dari rangkaian peristiwa yang harus dihadapi. Dan pilihan gaya hidup adalah kunci untuk mendapatkan ketenangan, kebahagiaan, dan efisiensi yang diidamkan.

Untuk mencapai semua itu, mari kita simak apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai kehidupan yang tenang, bahagia, dan praktis.

1. Jangan khawatir
Wajar jika kadang kala kamu merasa takut dan khawatir. Tapi jika dibiarkan berlarut-larut, perasaan itu akan memicu stress, penyakit mental , dan menjadi sumber ketidakbahagiaan. Padahal rasa khawatir akan sesuatu yang belum terjadi akan menghabiskan sebagian besar energi yang semestinya bisa disalukan ke aktivitas yang lebih positif.

2. Bersyukur
Bersyukur akan menentramkan jiwa dan berpikir positif menjadi kuncinya. Bersyukur juga mampu mengarahkan kita untuk selalu berbuat baik dengan berbagi. Belajar bersyukur dan berterimakasih dari semua yang telah didapatkan, bahkan ketika menghadapi sesuatu yang buruk sekalipun, akan membuat tenang.

3. Tidur dengan tenang
Kenangan buruk yang dibawa tidur akan berdampak buruk untuk kesehatan, terutama pada otak. Saat marah dan kecewa melanda, dan semua masalah dibawa tidur, maka orang tersebut rentan stress karena teringat oleh kenangan buruk tersebut. Jadi, jangan membawa masalah saat kamu tidur.

4. Tiada dendam
Dendam akan membuatmu berpikir negatif dan menggerogoti semangat hidup. Sebab, pikiranmu selalu tertuju pada sesuatu yang berakibat pada orang lain dan membuatmu tidak fokus pada kehidupanmu sendiri. Karena itu, buang rasa dendam karena tidak ada gunanya. Ini saatnya hidup bahagia tanpa harus membalas perlakuan negatif orang lain.

5. Relakan nostalgia
Kenangan indah memang susah dilupakan, kenangan sedih pun sulit terhapus. Tapi pada hakekatnya semua itu adalah masa lalu. Cukup ambil pelajaran dari kenangan dan mantaplah menatap ke masa depan. Lagipula, kamu hidup untuk hari esok, bukan hari kemarin.

6. Dekat dengan Tuhan
Beribadah adalah salah satu cara menenangkan hati dan pikiran. Ingatlah dari mana kita datang dan ke mana akan kembali.

7. Pilih yang praktis
Dengan lalu lintas yang padat, apakah kamu memilih berjibaku dengan kemacetan di jalan atau sarana transportasi lain yang nyaman untuk ke kantor? Pilih yang praktis, mudah, dan nyaman untukmu. Setidaknya ini akan meringankan pikiran dan mengurangi tenaga yang terbuang di jalan.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."