Marah, Nangis, Ketawa Saat Nonton Drama, Ini Sebabnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi menonton film horor/seram. Shutterstock

Ilustrasi menonton film horor/seram. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada orang yang selalu baper alias bawa perasaan saat menonton film atau drama. Ketika cerita dalam drama begitu pilu, dia ikut sedih dan marah kepada peran antagonis. Begitu juga ketika menyaksikan drama komedi, dia bisa tertawa tiada habisnya.

Sebenarnya apa yang terjadi kepada penonton yang sampai terbawa suasana saat menonton drama? Psikolog Kasandra Putranto mengatakan ada beberapa hal yang membuat seseorang terbawa suasana dalam sebuah drama. "Itu terkait kecerdasan intelektual, sosial dan emosional," kata Kasandra, Selasa 4 September 2018.

Baper terhadap cerita dalam drama atau film, Kasandra melanjutkan, juga dipengaruhi oleh perkembangan mental dan otak sejak dini. "Mereka yang lebih banyak dikendalikan emosi akhirnya menjadi lebih emosional," ucap Kasandra.

Ilustrasi menangis. REUTERS/Susana Vera

Tidak sebatas perkembangan mental dan otak saja, baper saat menonton drama turut dipengaruhi oleh pemikiran tertentu dari orang tersebut. Kasandra mencontohkan, seseorang akan mudah baper saat memiliki kisah cinta yang sama dengan apa yang diceritakan dalam drama yang ditonton.

Kondisi yang sama seperti dalam cerita dan kenyataan membuat orang tersebut secara tidak langsung memilki ikatan emosional dengan tokoh. "Terpaku pada ide-ide tertentu yang membuat enggak bisa move on dari kehidupan nyata," kata Kasandra.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."