Mau Potong Hewan Kurban Idul Adha, Percayakan kepada Juleha

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Pedagang membawa domba yang telah laku ke mobil pelanggan menjelang hari raya Idul Adha di Giza, pinggiran Kairo, Mesir, Kamis, 9 Agustus 2018. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

Pedagang membawa domba yang telah laku ke mobil pelanggan menjelang hari raya Idul Adha di Giza, pinggiran Kairo, Mesir, Kamis, 9 Agustus 2018. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Raya Idul Adha akan berlangsung pada Rabu, 22 Agustus 2018, dan sebagian umat Islam menyembelih hewan kurban. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI, Tulus Abadi mengatakan Hari Raya Idul Adha adalah momentum yang baik, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah, untuk mendapatkan asupan protein.

Jika sudah membeli hewan kurban, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum, saat, dan setelah disembelih. Berikut ini imbauan dari YLKI terkait pemotongan hewan kurban Idul Adha 2018.

1. Hewan kurban sehat
Pastikan hewan kurban yang akan disembelih dalam keadaan sehat, yang dibuktikan melalui sertifikat dari Dinas Peternakan dan atau dokter hewan setempat. Ini sangat penting untuk menjamin hewan kurban tersebut terbebas dari penyakit menular, yang membahayakan kesehatan manusia, dan atau kesehatan hewan yang lainnya.

2. Percayakan penyembelihan kepada Juleha
Sebisa mungkin hewan kurban disembelih oleh juru sembelih halal atau disingkat Juleha, yang juga bersertifikat. Ini sangat penting untuk memastikan prosesi penyembelihan dilakukan secara benar, sesuai syariat, dan memuliakan hewan kurban.

Selanjutnya: Anak jangan menyaksikan penyembelihan tanpa pemahaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."