Depresi Seperti Arnita Rodelina Turnip, Lakukan 3 Perawatan Ini

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 2 Agustus 2018 18:29 WIB
Depresi Seperti Arnita Rodelina Turnip, Lakukan 3 Perawatan Ini

CANTIKA.COM, Jakarta - Arnita Rodelina Turnip adalah mahasiswi Institut Pertanian Bogor atau IPB yang beasiswanya dicabut oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Setelah kejadian itu, Arnita Rodelina Turnip sempat mengalami depresi selama enam bulan dan menghilang tanpa memberi kabar.

Kondisi depresi kerap terabaikan dari kesibukan sehari-hari. Namun bila kamu merasakannya, jangan ragu untuk mencari bantuan. Pengetahuan tentang perawatan depresi akan membantumu memutuskan cara yang tepat untuk dilakukan.

Mulai dari terapi, pengobatan, hingga perubahan gaya hidup sehat, dan ada banyak perawatan yang dapat membantu mengatasi depresi. Berikut beberapa pilihan perawatan yang dapat membantu meringankan depresi.

1. Mendapatkan dukungan sosial
Orang yang mengalami depresi sebaiknya mengembangkan koneksi sosial agar terbebas dari rasa seperti terjebak dan sendiri. Jangan ragu berbicara dengan anggota keluarga, teman, atau mencari koneksi baru di grup dukungan depresi. Meminta bantuan bukan tanda kamu lemah dan minta dikasihani. Berbicara dengan seseorang secara tatap muka dapat sangat membantu.

2. Perubahan gaya hidup
Perubahan gaya hidup adalah alat sederhana namun kuat dalam membantu meringankan depresi. Walaupun terkadang masih perlu perawatan lain, mengubah gaya hidup yang tepat dapat membantu menghilangkan depresi lebih cepat. Olahraga teratur bisa jadi akan lebih efektif ketimbang kamu mengusir stres dengan obat-obatan.

Memilih asupan makanan yang sehat juga penting untuk kesehatan fisik dan mental. Buat perubahan dalam hidup untuk membantu mengelola dan mengurangi stres, seperti tidur yang cukup dan mengubah rutinitas sehari-hari.

3. Konsultasi kepada ahli
Ketika merasa tertekan, kamu bisa langsung menghubungi psikolog dan berkonsultasi dengannya. Para ahli ini dibekali ilmu untuk menangani berbagai jenis depresi dan memberikan jalan keluar terbaik untukmu.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA | HELPGUIDE