Anak Denada Terkena Leukemia, Tak Ada Pencegahan Khusus

Denada dan anaknya, Shakira.

kesehatan

Anak Denada Terkena Leukemia, Tak Ada Pencegahan Khusus

Rabu, 18 Juli 2018 18:21 WIB
Reporter : Yatti Febri Ningsih Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Anak Denada, Shakira Aurum sedang menjalani perawatan di Singapura karena sakit leukemia atau kanker darah. Bocah perempuan yang lahir pada 11 Desember 2012 ini mengalami gejala demam, bintik-bintik merah di kulit, dan lemas berkepanjangan.

Baca juga:Anak Denada Menderita Leukimia, Ketahui 4 Tipe LeukimiaAnak Denada Menguatkan Ibunya: Let We Gonna Do This TogetherSpesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik yang juga dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Damayanti R. Sjarif mengatakan leukemia bisa menyerang semua orang di berbagai usia, bahkan sejak lahir. Sayangnya, sampai saat ini belum ada upaya pencegahan khusus untuk terhindar dari penyakit tersebut.

"Cara pencegahan penyakit ini belum ada. Sebab itu harus deteksi dini apakah anak terkena leukemia atau tidak," ujar Damayanti saat ditemui di Cikini, Jakarta Rabu 18 Juli 2018. Deteksi dini dilakukan dengan cara mengenali gejalanya. Beberapa gejala leukemia antara lain demam, kulit pucat, pendarahan, perut anak membesar, dan lainnya.

Jerry Aurum dan putrinya dari pernikahannya dengan Denada. Instagram

Jika anak sudah menunjukkan tanda-tanda gejala tadi, maka harus segera diperiksa ke dokter. Untuk leukemia, dia menyarankan segera diperiksa ke dokter Hematologi. Penderita juga harus mendapat perawatan yang intensif.

Artikel lainnya: Anak Denada Mengalami Leukemia, Kenali 7 Gejalanya

Adapun penyebab leukemia, menurut Damayanti, bisa berasal dari virus atau genetik, dan yang lain. "Faktor penyebabnya banyak sekali," ucap dia.