Anak Denada Terkena Leukemia, Tak Ada Pencegahan Khusus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Denada dan anaknya, Shakira.

Denada dan anaknya, Shakira.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anak Denada, Shakira Aurum sedang menjalani perawatan di Singapura karena sakit leukemia atau kanker darah. Bocah perempuan yang lahir pada 11 Desember 2012 ini mengalami gejala demam, bintik-bintik merah di kulit, dan lemas berkepanjangan.

Baca juga:
Anak Denada Menderita Leukimia, Ketahui 4 Tipe Leukimia
Anak Denada Menguatkan Ibunya: Let We Gonna Do This Together

Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik yang juga dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Damayanti R. Sjarif mengatakan leukemia bisa menyerang semua orang di berbagai usia, bahkan sejak lahir. Sayangnya, sampai saat ini belum ada upaya pencegahan khusus untuk terhindar dari penyakit tersebut.

"Cara pencegahan penyakit ini belum ada. Sebab itu harus deteksi dini apakah anak terkena leukemia atau tidak," ujar Damayanti saat ditemui di Cikini, Jakarta Rabu 18 Juli 2018. Deteksi dini dilakukan dengan cara mengenali gejalanya. Beberapa gejala leukemia antara lain demam, kulit pucat, pendarahan, perut anak membesar, dan lainnya.

Jerry Aurum dan putrinya dari pernikahannya dengan Denada. Instagram

Jika anak sudah menunjukkan tanda-tanda gejala tadi, maka harus segera diperiksa ke dokter. Untuk leukemia, dia menyarankan segera diperiksa ke dokter Hematologi. Penderita juga harus mendapat perawatan yang intensif.

Artikel lainnya: Anak Denada Mengalami Leukemia, Kenali 7 Gejalanya

Adapun penyebab leukemia, menurut Damayanti, bisa berasal dari virus atau genetik, dan yang lain. "Faktor penyebabnya banyak sekali," ucap dia.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."