Terjebak Debat Kusir di Kantor, Tetap Tenang dan Lakukan Ini

Ilustrasi meeting atau rapat. shutterstock.com

karir

Terjebak Debat Kusir di Kantor, Tetap Tenang dan Lakukan Ini

Senin, 16 Juli 2018 16:38 WIB
Reporter : Yatti Febri Ningsih Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perdebatan biasa terjadi di lingkungan kerja atau di kantor. Siapapun bisa membantah, menambahkan, dan mendiskusikan apapun demi mencapai tujuan yang sama. Namun akan menjadi masalah jika perdebatan semakin liar dan masing-masing berargumentasi seenaknya sendiri.

Baca juga:Ladies, Malam Ini dan Seterusnya Jangan Kerja Lembur yaKembali Bekerja usai Libur Panjang, Ada Tipsnya agar Tidak Stres

Diskusi yang semestinya produktif menjadi liar, bahkan rentan memicu letupan emosi yang bisa berujung pada pertengkaran. Jika kamu terjebak dalam situasi ini, satu yang harus dipegang yakni tetaplah tenang. Setelah itu, lakukan 3 langkah berikut agar situasi kembali reda, seperti dikutip dari laman Yourtango:

1. Ambil jedaKetika emosi sudah mulai terpancing, segera ambil waktu untuk jeda atau istirahat. Alihkan perhatian dan biarkan mereka menenangkan diri. Mengambil jeda bukan berarti kamu pengecut atau tidak siap menghadapi argumentasi berikutnya dari rekan kerja. Beristirahat sejenak akan menghilangkan keangkuhan dan membangun lagi rasionalitas.

Ilustrasi beberapa pekerja sedang rapat serius. shutterstock.com

2. Dengar dan renungkanJika situasi kian memanas, pasti sulit menerima saran dari orang lain terutama jika orang itu mengatakan sesuatu yang buruk menurutmu. Namun coba dengarkan lagi dengan seksama dan renungkan beberapa aspek yang dapat kamu setujui.

3. Tambahkan perspektifmuAnggaplah kamu menemukan beberapa hal dan mengambil opini antitetis dari lawan bicara. Mengakui bahwa kamu mendengar memahami maksud mereka kemudian menyetujui argumentasinya sekecil apapun. Langkah selanjutnya adalah mengambil landasan untuk menyatakan pendapat dengan cara yang positif dan sopan.