Beda Expired Date dengan Best Before di Kemasan Makanan Minuman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Mengenal Produk Makanan Kedaluwarsa

Mengenal Produk Makanan Kedaluwarsa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum membeli makanan dan minuman kemasan, makeup, atau obat-obatan, kita tentu mengecek tanggal kedaluwarsa atau expired date. Di dekat tanggal itu, tertera best before yang juga mencantumkan tanggal. Banyak yang mengira kedua tanggal tersebut sama. Padahal expired date dan best before memiliki makna yang berbeda.

Baca juga:

Daripada Tidak Makan Malam, Lebih Baik Pilih Makanan yang Tepat
Awas, Makanan yang Enak dan Sehat Ini Ternyata Berisiko Keracunan

Tanggal kedaluwarsa atau expired date merupakan batas waktu maksimal keamanan produk untuk digunakan atau dikonsumsi. Sedangkan best before atau tanggal sebaiknya digunakan sebelum yang tertera menunjukkan batas waktu terjaganya kualitas produk.

Tanggal best before tidak ada hubungannya dengan keamanan penggunaan produk, tapi menunjukkan kalau setelah tanggal tersebut, produk akan berkurang kualitasnya. Misalnya, rasa makanan akan berbeda atau aroma produk tidak sekuat semula.

Kita masih bisa menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk meski sudah melewati tanggal best before. Hanya, kita tidak boleh melakukannya kalau sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Pada makanan segar, tanggal best before biasanya tercantum selama 90 hari setelah pengemasan.

Tanggal best before tidak berlaku ketika kemasan sudah dibuka. Sebab, membuka kemasan tentu akan mempengaruhi kualitas isinya. Kontaminasi bakteri dari udara juga mempercepat masa penurunan kualitas produk.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."