Wanita Inggris Biasa Pakai Topi kecuali Mantan Pangeran Harry Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Aktris Cressida Bonas tiba di Kapel St George, Kastil Windsor, untuk menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, 19 Mei 2018. Dalam acara tersebut, Cressida tampil cantik mengenakan gaun Eponine London berwarna cerah. Chris Jackson/Pool via REUTERS

Aktris Cressida Bonas tiba di Kapel St George, Kastil Windsor, untuk menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, 19 Mei 2018. Dalam acara tersebut, Cressida tampil cantik mengenakan gaun Eponine London berwarna cerah. Chris Jackson/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di setiap acara resmi, perempuan Inggris umumnya memakai topi cantik sebagai item fashion penting. Protokol Kerajaan Inggris dengan tegas menyebutkan perempuan harus mengenakan topi untuk semua acara resmi.

Baca juga:
Ragam Topi Unik di Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry

Ketentuan yang sudah berlaku sebelum 1950 ini bermula dari kebiasaan perempuan kelas atas pada masa itu yang jarang memperlihatkan rambut mereka di depan umum. Pemakaian topi bagi perempuan Inggris merupakan wujud penghormatan terhadap aturan kerajaan sekaligus menunjukkan status sosial mereka.

Saat pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry di Kapel St. George Kastil Windsor, Inggris, Sabtu 19 Mei 2018, semua tamu undangan perempuan memakai topi, tak terkecuali mantan kekasih Pangeran Harry, Cressida Bonas. Meski berprofesi sebagai model, Cressida Bonas mengaku tak terbiasa memakai topi.

"Astaga, saya harus menghadiri pernikahan kerajaan dan di undangannya jelas harus memakai topi," ujar Bonas kepada The Spectator. Kekhawatiran Crassida Bonas bukan pada perasaannya melihat sang mantan menikah, melainkan item fashion berupa topi yang dikenakannya. "Dress code-nya adalah untuk perempuan memakai dress selutut dan topi."

(Dari kiri) Pangeran Charles Inggris, Camilla, Duchess of Cornwall, dan Meghan, Duchess of Sussex menghadiri pesta kebun di Istana Buckingham di London, Inggris, 22 Mei 2018. Meghan, Duchess of Sussex merupakan istri dari Pangeran Harry yang baru saja melangsungkan pernikahannya pada sabtu kemaren. (Dominic Lipinski/Pool Photo via AP)

Cressida Bonas mengatakan sering mengindari acara resmi gara-gara harus memakai topi. Sebab, menurut dia, rumit sekali memilih dan memakai topi. Si pemakai harus menentukan model, warna, dan aksesoris topi yang sesuai dengan busana yang dikenakan kemudian menggunakan jepit rambut untuk memastikan posisi topi.

"Sudah sulit memakainya, saya juga kasihan dengan orang-orang yang duduk di belakang (karena pandangan mereka akan terhalang topi)," ujar perempuan yang 2 tahun menjalin hubungan spesial dengan Pangeran Harry ini.

Namun aturan tetap harus dipatuhi. Cressida Bonas akhirnya memilih topi dengan hiasan bulu untuk melengkapi dress bermotif tribal cerah yang dikenakannya. "Aku berharap melakukannya dengan benar," ujarnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."