Berapa Lama Durasi Ideal Mencuci Tangan?

Siswa Sekolah Dasar mencuci tangan bersama saat mengikuti rangkaian acara hari cuci tangan sedunia di area parkir selatan Senayan, Jakarta Selatan, 14 Oktober 2016. TEMPO/Dhemas Reviyanto

kesehatan

Berapa Lama Durasi Ideal Mencuci Tangan?

Senin, 26 Maret 2018 08:30 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencuci tangan adalah salah satu aktivitas wajib. Sebelum dan setelah makan, baru sampai di kantor, setelah berjabat tangan, atau setelah memegang sesuatu yang kotor, cuci tangan wajib dilakukan.

Lantas berapa lama durasi yang tepat untuk mencuci tangan? Apakah cuci tangan harus pakai sabun atau cukup dengan air saja?

Dokter spesialis penyakit dalam dari University of Illinois Hospital, Amerika Serikat, Jacqueline Ivey Brown, mengatakan mencuci tangan dengan air saja tidak efektif membunuh kuman. Sabut diperlukan karena kandungan zat antiseptik di dalamnya akan membantu membersihkan tangan dari kuman.

Siswa mencuci tangannya di toilet gender-netral pertama di SMA Santee Education Complex, Los Angeles, California, Amerika Serikat, 18 April 2016. REUTERS/Lucy Nicholson

Meski demikian, mencuci tangan dengan sabun dan air saja juga tidak memberikan hasil yang maksimal jika hanya sebentar. Menurut Ivey Brown, mencuci tangan selama 15 detik tak akan menghilangkan kuman. "Idealnya mencuci tangan dilakukan selama 20 detik untuk menghilangkan sebagian besar kuman," ucapnya.

Ivey Brown mengingatkan, mencuci tangan akan mengurangi risiko terkena virus dan bakteri penyebab penyakit. Ketika mencuci tangan, pastikan menggosok seluruh permukaan tangan dan sela-sela jari, juga area di bawah kuku.

AURA