Jangan Mengaku Sahabat Jika Belum Penuhi 4 Syarat Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi pertemanan/persahabatan. Shutterstock

Ilustrasi pertemanan/persahabatan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat sejati akan selalu ada di hati. Kalau orang lain bisa silih berganti datang dan pergi dalam kehidupan kita, seorang sahabat akan selalu ada di saat yang tepat. Tentu tidak mudah menjaga jalinan persahabatan karena sebagaimana menjalin hubungan kasih, pasti ada cobaan yang kalian hadapi.

Baca juga: Tips Jadi Jomblo Bahagia dari Psikolog

Apapun godaan itu, misalnya hadir orang baru di antara kalian atau salah satu dari kalian terkena musibah, ada empat syarat yang mesti dipenuhi sebelum kamu atau dia mengaku sebagai sahabat. Jika dia sudah memenuhi empat unsur ini, yakinlah dia adalah sahabat terbaikmu.

1. Jujur
Sahabat yang baik akan bersikap terbuka. Dia tak akan membicarakanmu di belakang, melainkan langsung mengungkapkan kepadamu apa yang dia rasakan dan pikirkan tentang kamu. Dengan begitu, tak ada yang perlu disembunyikan.

Kejujuran adalah landasan pertama dalam persahabatan kalian. Dan, jangan sakit hati ya jika dia menegur. Jika kamu tak suka dengan cara dia mengingatkanmu, sampaikan bagaimana bentuk teguran yang bisa kamu terima. Kalian bisa membicarakan semua ini secara baik-baik.

Ilustrasi persahabatan/teman. Kazzledazz.com

2. Tidak gengsi
Lagi berantem atau saling berjauhan, siapa yang sebaiknya menghubungi lebih dulu? Jangan gengsi. Segera kontak sahabatmu dan tanya apa kabarnya. Jangan-jangan dia juga hendak menghubungimu tapi belum sempat karena banyak pekerjaan. Jagalah komunikasi kalian dan ini cara sederhana memelihara persahabatan.

3. Jangan iri
Sahabat yang baik akan saling menerima apa adanya. Kalau dia punya barang-barang bagus atau masuk perguruan tinggi favoritmu sementara kamu tak bisa, jangan iri apalagi berusaha untuk sama seperti dia. Tetaplah jadi diri sendiri dan hilangkan pikiran kalau dia melakukan itu untuk membuatmu panas. Sahabat yang baik tentunya akan mendukung satu sama lain kan.

4. Saling mendukung
Apapun kondisi sahabatmu, dukung dan bangkitkan semangatnya. Terlebih ketika dia sedang down atau terpuruk, sahabat yang baik akan memotivasi dan memberikan sudut pandang lain dari persoalan yang sedang dia hadapi. Tetaplah bersahabat di saat senang dan susah.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."