Resep Mi Tarempa asal Anambas

Menu Mi Tarempa di Rumah Makan Selekta di Dermaga Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. Tempo/Rita Nariswari

kuliner

Resep Mi Tarempa asal Anambas

Sabtu, 17 Maret 2018 17:18 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidangan berbahan mi termasuk yang digemari segala kalangan dan segala umur. Mi dari berbagai daerah pun kini menyebar di Jakarta.

Untuk menemukan mi Jawa yang enak pun tak lagi harus terbang ke Yogya. Demikian juga dengan mi Aceh, olahan mi dengan rempah yang kuat ini bisa ditemukan di berbagai warung hingga rumah makan di Jakarta.

Nah, bagaimana dengan mi Tarempa. Mungkin nama yang agak asing di telinga. Tarempa adalah ibukota kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Bisa dicapai dengan naik kapal feri 9 jam dari Tanjungpinang maupun Batam.

Kedai mi Tarempa  mudah ditemukan di Tanjungpinang dan Batam. Bila di Tarempa lauk yang menjadi campuran ikan tongkol plus telor, maka di kota-kota besar di Kepri itu dibikin lebih variatif.

Berikut resepnya bila Anda ingin mencoba di rumah. 

Bahan-bahan:

1 porsi mi kuning yang pipih 50 gram ikan tongkol yang disuwir-suwir1 butir telur Tauge

Bumbu: 1-2 bawang putih Cabai rawit - tergantung selera2 sendok kecap asin dan 2 sendok kecap manis Minyak goreng secukupnya

Cara pembuatan: 1.Tumis bawang putih yang sudah diulek, tambahkan cabai rawit. 2.Masukkan mi kuning kemudian kecap asin dan manis sesuai selera3.Tambahkan telur dan tauge4.Olahan bisa dibikin kering atau basah, tergantung selera. 5.Taburkan bawang goreng di atasnya sebelum disajikan.