Kartika Putri Pakai Niqab, Bedanya Khimar, Chador, Abaya, Burka

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 15 Maret 2018 17:35 WIB
Kartika Putri Pakai Niqab, Bedanya Khimar, Chador, Abaya, Burka

CANTIKA.COM, Jakarta - Kartika Putri memutuskan memakai hijab pada Februari 2018. Dengan berhijab, Kartika Putri yang selama ini bekerja sebagai pembawa acara infotainment mengundurkan diri dari program televisi yang dipandunya. Baru - baru ini, Kartika Putri mengunggah foto diri dengan memakai niqab atau cadar.

Artikel tentang hijab:
Lindsay Lohan Pakai Kerudung Plus Makeup Halal
Fenita Arie Senang Kartika Putri Berhijab, Ada 1 Hal Paling Sulit
Peragaan Busana Modest 13 Desainer, Pilihan Beragam untuk Pesta

Bagi perempuan muslim, ada beberapa model busana yang menutupi tubuh dan memiliki pengertian berbeda. Ada jilbab, hijab, niqab, cadar, burka, khimar, dan chador. Beberapa di antaranya memiliki perbedaan yang signifikan atau bahkan hanya berbeda dalam penyebutan.

1. Hijab
Ilustrasi hijaber. Tabloidbintang
Kata hijab adalah istilah yang umum digunakan dalam busana muslimah. Hijab bisa berarti busana muslim, namun ada pula yang menyamakannya dengan jilbab. Jilbab menutupi kepala dengan kain dan membiarkan bagian wajah terlihat jelas. Mengutip kamus Bahasa Indonesia jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada.

Ada satu lagi istilah yang lazim digunakan, yakni kerudung. Bedanya jilbab dengan kerudung ada pada bahan yang digunakan dan cara pemakaiannya. Kerudung kerap hanya disampirkan sebagai penutup kepala dan bahannya bebas, misalnya bisa kain transparan atau kain dengan bordir. Sedangkan pemakaian jilbab lebih rapat dan bahannya tidak menerawang.

2. Niqab
Kartika Putri memakai niqab. Instagram

Niqab dalam bahasa Indonesia biasa disebut cadar. Dalam kamus Bahasa Indonesia, cadar berarti kain penutup kepala yang hampir menutupi seluruh bagian wajah kecuali mata. Niqab biasanya dipakai oleh sebagian besar perempuan di Arab Saudi, dan kini juga pupoler bagi perempuan muslim di berbagai belahan dunia.

Kini pemakaian niqab atau cadar tak selalu berwarna hitam atau gelap. Para pengguna niqab leluasa memakai warna yang lebih cerah, seperti yang dipakai Kartika Putri, yakni abu - abu.

3. Burka
AP/Farzana Wahidy
Burka merupakan busana muslim yang menutupi seluruh tubuh. Bagian wajah, tepatnya di area mata dan hidung diberi jaring-jaring ventilasi agar tetap bisa melihat keluar. Tak banyak eksperimen warna pada burka, biasanya hanya hitam dan biru tua.

4. Chador
Ilustrasi chador. Shutterstock
Perempuan Iran biasanya memakai chador saat keluar rumah. Bentuknya seperti kain yang amat lebar berwarna hitam untuk menutupi seluruh tubuh. Cara memakainya cukup sederhana karena chador berbentuk seperti jubah.

5. Khimar
Pedangdut Cinta Penelope memutuskan tampil dengan hijab syar'i pada awal Februari lalu. Dulunya Cinta Penelope dikenal sebagai penyanyi yang selalu berpakaian seksi dam memiliki banyak tato. Tabloidbintang.com/Seno
Khimar hampir sama seperti jilbab yang menutupi kepala, dada, dan membiarkan bagian wajah terlihat. Bedanya adalah, khimar lebih panjang dan lebar dari jilbab. Panjang khimar biasanya hingga menutupi pergelangan tangan atau sampai ke pinggul

6. Abaya
Foto Kartika Putri di Tanah Suci pada 2016 lalu. Sejauh ini, Kartika Putri belum memposting foto terbarunya yang sudah memakai hijab. Instagram.com/@Kartikaputriworld
Abaya berarti busana muslimah yang longgar atau tidak membentuk tubuh dengan model jubah. Di Arab Saudi dan sebagian Afrika Utara, Abaya memiliki pakem berwarna hitam. Namun di Indonesia, model serta warna abaya bisa disesuaikan dengan selera asalkan tidak menabrak syariat.

THE SUN | NEW YORK TIMES | KBBI