4 Fakta Jadi Balerina seperti Jlaw di Red Sparrow

Jennifer Lawrence dalam film Red Sparrow. Murray Close

karir

4 Fakta Jadi Balerina seperti Jlaw di Red Sparrow

Kamis, 1 Maret 2018 17:30 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, JAKARTA - Dalam film terbarunya Red Sparrow, Jennifer Lawrence berperan sebagai penari balet profesional. Walaupun terlihat sangat luwes menar balet dalam film tersebut, Jennifer Lawrence mengakui latihan menjadi penari balet bukanlah suatu hal yang mudah.

Demi perannya itu, Jennifer Lawrence berlatih dengan seorang penari balet dari New York City Ballet, Kurt Froman, yang juga mengajarkan Natalie Portman dan Mila Kunis di film Black Swan.

“Saya sangat menghormati mereka (penari balet) sebagai atlet dan seniman. Sungguh menakjubkan apa yang mereka lakukan, tapi begitu saya selesai dengan adegan balet, saya melempar sepatu balet saya ke tempat sampah,” ujar Jennifer Lawrence, dikutip dari E! News.

Baca juga: Putus Sekolah Demi Karier, Jennifer Lawrence Tak Menyesal

Tentunya untuk menjadi penari balet yang andal, perlu banyak latihan dan kerja keras. Mengutip laman Marie Claire, mantan penari Royal Ballet, Jackie Kennedy menjelaskan beberapa cara untuk menjadi penari balet andal.

1. Penari balet selalu berjuang untuk kesempurnaanPenari balet yang andal selalu mengulang gerakan mereka sampai semua otot di tubuh bisa melakukan gerakan tersebut secara sempurna. Hal tersebut juga dibantu dengan melakukan banyak riset dan latihan berulang kali. Namun, bila ingin menjadi penari balet profesional, harus bisa melakukan semua gerakan secara elegan, ini yang perlu banyak latihan.

Baca juga: Kontroversi Gaun Jennifer Lawrence di Promo Film Red Sparrow

2. Diet yang ketat“Jangan pernah menari balet dengan perut penuh. Pada saat latihan seharian, sebaiknya makan sedikit-sedikit tetapi sering,” ujar Jackie Kennedy. Banyak penari balet yang melakukan diet gila-gilaan. Namun sebagai seorang penari balet tidak bisa menari tanpa makan apapun, karena perlu energi dari makanan. Karena itu, diet perlu dijaga dengan baik, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Jennifer Lawrence dalam film Red Sparrow. Smh.com.au

3. Jadwal seharianJadwal balerina sangat intens terutama pada saat mendekati pertunjukkan. Latihan fisik balerina sangat melelahkan, yaitu 10 jam dalam sehari. Seperti Jackie Kennedy, pada saat mendekati pertunjukkan dia harus melakukan kelas balet dari jam 9 pagi dan latihan pertunjukkan sampai malam. Balerina juga tidak latihan untuk pertunjukkan yang sama dalam seminggu, tetapi latihan untuk beberapa pertunjukkan klasik yang beragam.

Baca juga: Penampilan Kasual Jennifer Lawrence Rayakan Natal di Rumah Sakit

4. Kerjasama yang kuatBalerina berlatih bersama, bepergian bersama, terkadang tinggal bersama. Biasanya, para penari balet juga memiliki sebuah ritual untuk mempererat kelompok mereka, terutama sebelum sebuah pertunjukkan. Setiap kelompok memiliki ritual masing-masing, namun kerjasama harus kuat untuk memastikan pertunjukkan yang bagus.