Beda Lipstik Berbahan Dasar Minyak dan Air, Jangan Salah Pilih

Saat ini nama Lizzie Parra identik dengan makeup dan merek kosmetik BLP atau By Lizzie Parra, yang populer dengan produk lip coat-nya. Ia mengeluarkan produk kosmetiknya berdasarkan pengalaman selama menjadi makeup artist. TEMPO/Charisma Adristy

kecantikan

Beda Lipstik Berbahan Dasar Minyak dan Air, Jangan Salah Pilih

Minggu, 25 Februari 2018 11:16 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan perkembangan industri makeup, jenis-jenis produk makeup juga semakin banyak. Karena itu, mengetahui perbedaan berbagai jenis produk ini menjadi suatu hal yang penting untuk memastikan makeup yang digunakan adalah jenis yang paling sesuai dengan selera. Terutama lipstik, yang sekarang hadir dengan berbagai jenis, dari lipstik biasa, lip coat, sampai lip stain.

Yang membedakan berbagai jenis lipstik tersebut adalah bahan dasarnya. Melihat dasar yang digunakan untuk lipstik tersebut sangat penting untuk mengetahui perbedaannya. Lip coat biasanya menggunakan dasar minyak, sedangkan lip stain atau lip tint menggunakan dasar air.

“Untuk yang tidak mau terlihat seperti menggunakan lipstik, tapi mau terlihat segar, cocok menggunakan lip stain,” tutur Lizzie Parra, beauty blogger dan pendiri BLP Beauty, di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2018. Selain itu, lip stain cocok untuk yang ingin bibirnya tetap terlihat segar dan tidak pucat saat olahraga.

Lipstik dengan dasar air ini juga cocok untuk perempuan yang sedang bepergian, terutama untuk yang ke tempat dingin, dan bila dipadukan dengan lip balm, bibir tidak akan pernah kering. Kalau mau makan makanan yang berminyak, lip stain akan tetap terlihat di bibir. Namun menggunakan lipstik dengan bahan dasar air tidak akan memberi warna yang terlalu gelap.

Karena itu, untuk perempuan yang suka terlihat menggunakan lipstik, lebih baik menggunakan lip coat yang memiliki bahan dasar minyak, terutama untuk perempuan yang memiliki garis gelap di pinggir bibir.

“Kalau yang punya garis gelap, sebaiknya menggunakan lip coat karena akan memberikan full coverage pada bibir,” kata Lizzie Parra.

Artikel lain: Tipe Karyawan Berdasarkan Warna Lipstik 4 Kesalahan Pakai Lipstik Matte yang Bikin Bibir Menghitam Lipstik, Krim Wajah, Cat Kuku dengan Merkuri dan Pewarna Bahaya