Resep Tahun Baru Imlek 2018 : Kue Lampion

Pekerja memasang lampion di kompleks Vihara Dharmakirti Palembang, Sumsel, 8 Februari 2018. Vihara umat Buddha Dharmakirti mulai berhias diri jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569. ANTARA FOTO/Feny Selly

kuliner

Resep Tahun Baru Imlek 2018 : Kue Lampion

Jumat, 16 Februari 2018 13:30 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Lampion merupakan salah satu hiasan di Tahun Baru Imlek yang tak boleh dilewatkan. Dengan warna dan bentuk yang menarik, sayang jika kreasi lampion hanya diwujudkan dalam bentuk hiasan gantung saja. Ada satu lagi bentuk lampion tapi yang bisa dimakan dengan mencoba resep berikut.

Tak sulit meniru resep kue lampion ini. Rasanya yang manis melengkapi kegembiraan bersama keluarga. Berikut ini bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan:- 125 gram margarin- 75 gram gula halus- 1 butir kuning telur- 250 gram tepung terigu

Royal icing:- 200 gram gula halus- 30 gram putih telur- 3 sdm air jeruk nipis- Pewarna makanan merah dan kuning

Cara membuat:-Kocok margarin dan gula halus hingga lembut, tambahkan kuning telur dan kocok kembali hingga tercampur rata. - Masukkan tepung terigu, aduk rata.- Pipihkan adonan setebal 0,5 sampai 1 sentimeter kemudian cetak degan cetakan berbentuk lampion. Cetak hingga adonan habis.- Oleskan loyang dengan margarin.- Susun adonan yang sudah berbentuk lampion di loyang tersebut. - Panggang adonan di oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama 15-20 menit. Angkat dan biarkan dingin.- Royal icing: kocok semua bahan royal icing, kecuali pewarna, hingga lembut. Bagi adonan royal icing menjadi dua dan beri masing-masing warna merah dan kuning. Aduk rata. - Masukkan royal icing ke dalam plastik segi tiga, kemudian gunting ujungnya.- Hias kue lampion dengan royal icing dan biarkan kering, barulan simpan di dalam stoples. - Sajikan.

TABLOIDBINTANG