Ketika Dipuji Pantang Ucapkan 4 Kalimat Ini

Ilustrasi pertemanan/persahabatan. Shutterstock

karir

Ketika Dipuji Pantang Ucapkan 4 Kalimat Ini

Senin, 5 Februari 2018 16:01 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada kalanya kita ingin tampil maksimal. Misalnya ketika datang ke acara penikahan, ulang tahun teman, atau sekali-sekali ke kantor dengan dandanan yang keren juga asyik. Ketika tampil lain dari biasanya, pasti ada orang yang memperhatikan dan tak segan memuji. Bagaimana kamu merespons pujian itu?

Mengutip laman Prevention, ada beberapa ucapan yang harus dihindari jika mendapatkan pujian. Membalas pujian dengan kata-kata yang santun akan membuat orang yang memuji senang, dan diri sendiri tak terkena bumerang. Berikut ini empat pernyataan pantangan ketika dipuji:

1. Mengalihkan pujian kepada orang lainSaat orang lain memuji indahnya rambutmu, kamu justru mengalihkan pujian tersebut kepada penata rambutmu. Atau ketika dipuji atas prestasi di tempat kerja, kamu malah memuji rekan kerjamu. Sikap seperti ini menyiratkan kamu menolak pujian tersebut kemudian mengarahkannya kepada orang lain. Jawaban seperti itu juga mencerminkan kamu berprasangka atas pujian yang diberikan.

2. MembantahMungkin maksudmu supaya tidak lupa diri atau jangan sampai terkesan sombong, sehingga membantah pujian dari teman atau saudaramu. Tapi respons seperti ini mesti dihindari karena kamu tidak mengapresiasi pujian tersebut. Terima saja pujian tersebut dan itu menandakan kalau kamu berpikir positif. "Kebanyakan orang lebih menghargai orang yang percaya diri karena mereka sadar pentingnya menghargai diri sendiri," ucap psikiater Gail Saltz.

3. Balik bertanyaBalik mempertanyakan pujian yang diterima menandakan kamu tidak yakin apakah orang tersebut benar-benar tulus atau sekadar bergurau. Jika dipuji karena prestasi, jangan takut terdengar sombong karena itu memang fakta. "Sebagian besar perempuan merasa malu ketika dipuji karena ini bertolak belakang dengan nilai - nilai yang mereka yakini, misalnya perempuan yang feminin tidak perlu menonjolkan diri," ucap Gail Saltz.

4. Berlebihan Terimalah pujian dengan tenang. Tak perlu bersorak atau membesar-besarkan pujian yang kamu terima karena sikap itu mencerminkan kesombongan diri. Jika ini terjadi, mungkin lain kali orang tersebut akan mengurungkan niat jika hendak memuji kamu.

Lantas bagaimana cara yang tepat menanggapi pujian? Cukup katakan, "terima kasih". Cara ini terbilang elegan dan singkat, serta tak mencerminkan sikap jumawa atau sebaliknya, rendah diri.

AURA