6 Perubahan yang Harus Dilakukan agar Karier Meningkat di 2018

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita bahagia atau senyum saat bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bahagia atau senyum saat bekerja. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Setiap tahun baru, Anda akan membuat resolusi yang akan dilakukan tahun ini. Anda mungkin telah membuat resolusi 2018 untuk berolahraga setiap hari, membaca 20 buku sebelum tahun berakhir, atau berbelanja dengan lebih hemat. Namun sudahkah Anda memikirkan tentang karier?

Jika Anda ingin melakukan perubahan dalam karier dan pekerjaan tahun ini, ada enam perubahan kecil yang bisa membuat perbedaan besar. Selain meningkatkan produktivitas harian dan mengelola tingkat stres di tempat kerja, kebiasaan ini akan membantu Anda mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. 

Tidak hanya itu, yang terpenting adalah enam perubahan ini cukup mudah ditanamkan dalam jadwal harian dan pasti akan memberi hasil yang memuaskan. Berikut ini enam perubahan tersebut, seperti dilansir Boldsky.com.

Baca juga: 
Ada Kontes Miss Internet 2018, Tak Perlu Jadi Nerd untuk Ikutan
Kiat Manfaatkan Internet untuk Pengembangan Diri
4 Persiapan Keuangan Sebelum Pensiun agar Tenang di Hari Tua

1. Jangan menunda
Kita semua sering menunda-nunda pekerjaan dan ini bukan masalah serius sampai saatnya mulai menghambat kinerja. Alih-alih menunda tugas hanya karena tidak menarik minat, mulai tetapkan tenggat waktu dan tantang diri untuk menyelesaikannya. Ingatkan diri bahwa tidak ada gunanya melarikan diri atau menunda dan pada akhirnya meningkatkan beban kerja.

Biasakan menyiapkan daftar hal yang harus dilakukan setiap pagi dan sertakan beberapa tugas membosankan tapi penting, yang membuat Anda menunda-nunda. Jika tidak, bagi tugas menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dicapai dan dorong diri Anda menyelesaikannya.

2. Sedikit terorganisasi
Mulai susun prioritas pekerjaan dan awali dengan hal yang paling penting. Cobalah rencanakan pekerjaan sehari sebelumnya, sehingga Anda sudah tahu hal-hal yang perlu dilakukan begitu sampai di kantor. Gunakan kalender e-mail untuk menandai semua tenggat waktu penting, rapat, dan acara lain. Percayalah, Anda tidak akan menyesalinya.

3. Tantang diri Anda
Dorong diri Anda keluar dari zona nyaman dan cobalah mengambil proyek baru yang menawarkan kesempatan belajar. Ini akan membantu Anda mengatasi kelemahan dan menantang keterampilan saat ini. Tanamkan komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk apa pun yang Anda lakukan, dan Anda akan segera menjadi sumber motivasi bagi diri sendiri.

Ilustrasi wanita bahagia atau senyum saat bekerja. shutterstock.com

4. Terima kritik
Sebuah umpan balik yang membangun tidak menyakiti siapa pun. Mintalah rekan kerja meninjau ulang pekerjaan Anda dan dengarkan kritik mereka. Ini akan membantu mempercepat pembelajaran diri sendiri dan meningkatkan pengetahuan. Pada akhirnya hal ini akan membantu memenuhi tingkat harapan manajer dan menjadikan Anda pemain tim yang lebih baik.

5. Nonaktifkan notifikasi media sosial pribadi
Anda mungkin tidak menyadari, tapi pemberitahuan tentang pop-up di telepon seluler dan komputer, terutama dari akun media sosial pribadi, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, mempengaruhi tingkat konsentrasi. Segera setelah tiba di kantor, biasakan mematikan semua notifikasi aplikasi dan batasi mengeceknya.

6. Berlatih bersyukur
Penting menjadi ambisius dan berjuang untuk kesuksesan profesional, tapi jangan lupa menghargai apa yang ada di tangan Anda. Jika di lain waktu Anda menyia-nyiakan dan mengeluh tentang pekerjaan, pikirkan tentang orang-orang yang menganggur atau mereka yang dipecat karena efisiensi perusahaan. Anda pasti berada di posisi yang lebih baik daripada jutaan orang. Karena itu, jangan lupa bersyukur atas apa yang Anda miliki.

BISNIS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."