Kiprah Marlene Dietrich di Dunia Fashion dan Film

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Marlene Dietrich. Kredit: NBC Radio/Wikimedia Commons

Marlene Dietrich. Kredit: NBC Radio/Wikimedia Commons

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Marlene Dietrich dikenal sebagai ikon fashion karena gaya androgini yang menjadi ciri khasnya. Dia lahir dengan nama Marie Magdalene Dietrich pada 27 Desember 1901 di Berlin, Jerman.

Baca juga:
Marlene Dietrich, Perempuan Pelopor Fashion Androgini

Marlene Dietrich mulai merintis karier sebagai aktris sejak awal 1920-an. Namanya semakin tenar saat berakting dalam film Blue Angel di tahun 1930-an. Setelah itu, dia mendapat kontrak dari Paramount Studios dan pindah ke Hollywood. Dia menjadi salah satu aktris terkenal pada masa itu. Bahkan pada 1999, American Film Institute menyebutnya sebagai salah satu bintang perempuan terbesar kesembilan sepanjang masa.

Di tahun 1939, dia menjadi warga Negara Amerika Serikat dan dikenal sebagai aktris yang memberikan dukungan kepada tentara selama Perang Dunia II. Marlene Dietrich merupakan salah satu selebriti yang tampil untuk pasukan sekutu di garis depan, seperti dilansir dari College Fashion.

Marlene Dietrich. Collegefashion

Dari awal 1950-an sampai pertengahan 1970, Marlene Dietrich menjadi artis kabaret. Dia melakukan perjalanan ke kota-kota besar untuk menari dan bernyanyi. Selama periode ini, dia juga tampil di beberapa film dan panggung Broadway. Salah satu film yang dibintanginya di tahun 1930 adalah Blue Angel. Marlene Dietrich berperan sebagai pemain kabaret yang bernama Amy Jolly. Lewat film tersebut, dia terkenal dengan gaya androgini memakai top hat, tuksedo, dan dasi kupu-kupu putih.

Marlene Dietrich juga mendapat nominasi Academy Awards untuk kategori aktris pemeran utama terbaik dalam film Blue Angel. Selain Blue Angel, Marlene Dietrich membintangi film terlaris di Amerika pada tahun 1932, Shanghai Express. Ini adalah film keempat dari tujuh film yang dibintangi Marlene Dietrich dengan arahan sutradara Josef von Sternberg.

Marlene Dietrich. Collegefashion

Kehidupan asmara Dietrich juga penuh intrik. Meski mengaku biseksual secara terbuka, dia pernah menikah dengan sutradara Rudolf Siber pada 1932 sampai 1976. Mengutip The Cut, Dietrich juga mengklaim John F. Kennedy, Yul Brenner, dan John Wayne sebagai kekasihnya.

Marlene Dietrich meninggal pada 1992, namun gaya ikoniknya masih hidup sampai sekarang. Bahkan, selama pekan mode tahun 2012 sosoknya menjadi inspirasi dari koleksi Jason Wu dan Peter Som.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."