Bukan Kim Kardashian atau Rihanna yang Terkaya di Bisnis Makeup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Sosialita Kim Kardashian menjadi selebritas dengan bayaran tertinggi kedua di Instagram. Satu unggahan berbayarnya harganya Rp. 6,7 miliar di akun milik istri dari penyanyi Kanye West ini. Saat ini jumlah pengikut Kim mencapai 105 juta. REUTERS

Sosialita Kim Kardashian menjadi selebritas dengan bayaran tertinggi kedua di Instagram. Satu unggahan berbayarnya harganya Rp. 6,7 miliar di akun milik istri dari penyanyi Kanye West ini. Saat ini jumlah pengikut Kim mencapai 105 juta. REUTERS

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Selebriti terjun ke bisnis makeup bukan lagi fenomena baru. Ada Kim Kardashian dengan label KKW Beauty, adik tirinya Kylie Jenner dengan merek Kylie Cosmetics. Penyanyi Rihanna juga punya label makeup bernama Fenty Beauty dan Jessica Alba melalui Honest Beauty di bawah bendera The Honest Co.

Baca juga:

Siapa Paling Kaya, Kim Kardashian atau Kendall Jenner?

Setiap label makeup para selebriti tadi menawarkan keunggulan dari kualitas produk, kemasan, pilihan warna, sampai harga yang bersaing. Memiliki label kosmetik sendiri tentu menambah jumlah kekayaan mereka. Di antara empat nama itu, siapa ya yang mendulang penghasilan paling banyak dari bisnis kecantikan?

Keliru kalau kamu menebak yang paling kaya dari bisnis makeup adalah Kim Kardashian atau Rihanna. Berikut ini pendapatan yang diraup para selebriti dari bisnis kosmetiknya:

1. Kim Kardashian

Kim Kardashian anggota klan Kardashian yang terkenal dan terkaya dibanding saudara - saudara kandungnya. Istri Kanye West ini memiliki kekayaan bersih sekitar USD 175 juta atau setara Rp 2,3 triliun. Mulai dari serial televisi, aplikasi Kimoji, sampai berbagai produk makeup membuat nama sekaligus penghasilan Kim Kardashian melejit.

Kim memiliki label kosmetik yang diberi nama KKW Beauty. Saat KKW Beauty meluncurkan 300 ribu produk contouring kit pertama kali pada Juni 2017, Kim meraup penjualan sebesar USD 14,4 juta atau sekitar Rp 198 miliar hanya dalam hitungan jam.

2. Kylie Jenner

Anggota klan Kardashian/Jenner termuda ini mempunyai label kosmetik bernama Kylie Cosmetics. Sejak diluncurkan dua tahun lalu, Kylie mendapatkan penjualan sebesar USD 420 juta atau sekitar Rp 5,6 triliun. Produk Kylie Cosmetics terdiri dari beragam jenis lipstik, contouring kit, perona pipi, perona mata, concealer dan kuas makeup. Berkat Kylie Cosmetics, Kylie termasuk selebriti termuda berpenghasilan tinggi dalam daftar Forbes. Dia mengumpulkan kekayaan bersih sekitar Rp 600 miliar di usia 20an.

3. Rihanna

Penyanyi kelahiran Barbados ini baru saja meluncurkan Fenty Beauty pada September lalu. Produk Fenty Beauty antara lain foundation 40 warna, lip gloss, lipstik, palet perona mata, dan peralatan makeup. Rihanna menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, seperti Twitter, Instagram, Snapchat dan Yotube dengan foto, video dan tutorial.

Bahkan jutaan orang menggunakan akun media sosialnya untuk menunjukkan makeup Fenty Beauty yang digunakan dan memberikan testimoni tentang produk tersebut. Sekitar 132 juta pengguna YouTube menyaksikan tutorial Fenty Beauty sepanjang September 2017. Semua ini menghasilkan USD 72 juta atau setara dengan Rp 976 miliar dari media sosial. Dengan kesuksesan Fenty Beauty dan bisnis lainnya, menurut Forbes kekayaan bersih Rihanna mencapai USD 75 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

4. Jessica Alba

Jessica Alba mendirikan merek produk kecantikan ramah lingkungan yang diberi nama The Honest Co pada 2011. Produk utamanya adalah popok dan tisu bayi yang tidak mengandung bahan berbahaya. Baru di 2016, Jessica Alba meluncurkan label kosmetik dan perawatan kulit yang diberi nama Honest Beauty.

Di bawah bendera The Honest Co, kini bisnis produk kecantikan Jessica Alba itu senilai USD 1,7 miliar atau setara dengan Rp 23 triliun. Forbes menyebut Jessica Alba salah satu pengusaha terkaya di Amerika yang berusia di bawah 40. Sedangkan menurut Celebrity Net Wirth, dia memiliki kekayaan bersih sebesar Rp 4,7 triliun pada April 2017.

BANKRATE | NEWSWEEK | TIME | FORBES | NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."